Peran Penting Kementerian PANRB dalam 'Human Security'

20201106 International Conference on Human Security Government and Policy in 2020 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat menjadi pembicara dalam International Conference on Human Security, Government and Policy in 2020 secara virtual, Jumat (06/11).   JAKARTA – Pemberian kemudahan terhadap kaum rentan memiliki kaitan erat dengan konsep human security (keamanan manusia). Sebagai instansi pembina pelayanan publik nasional, hal...

Meramu Birokrasi Agar Tingkatkan Pelayanan Publik

20201105 Meramu Birokrasi Agar Tingkatkan Pelayanan Publik 2   JAKARTA – Bicara mengenai birokrasi sering kali dianggap rumit dan berbelit, termasuk alur pelayanan publik. Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pemerintah berusaha mengikis stigma berbelit, lambat, mahal, tidak pasti, dan melelahkan. Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan, kualitas pelayanan publik adalah hasil...

Kementerian PANRB Kembangkan Kompetensi SDM Melalui 'Assessment Center'

20201104 Assessment center 5 Suasana kegiatan Assessment Center di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (04/11).   JAKARTA – Sebagai upaya mengembangkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menyelenggarakan assessment center. Kegiatan yang rutin dilakukan tersebut bertujuan sebagai dasar pengembangan kapasitas baik manajerial, sosio-kultural, maupun kompetensi teknis para...

Kementerian PANRB, LAN, dan Pemprov Jabar Sepakat Bentuk 'Corporate University' 

20201103 Penandatanganan Nota Kesepahaman Corpu 4 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Corporate University secara virtual, Selasa (03/11).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sepakat melakukan kerja...

Kementerian PANRB Dorong Instansi Bentuk Sistem Integritas ASN

20201105 Kementerian PANRB Dorong Instansi Bentuk Sistem Integritas ASN 2 Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko dalam Sosialisasi Peraturan Menteri PANRB No. 60/2020 tentang Pembangunan Integritas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat, secara virtual, Kamis (05/11).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong instansi pemerintah untuk membentuk sistem...

Jawa Barat Jadi Contoh Corporate University, Ubah Paradigma Pendidikan ASN

20201104 Jawa Barat Jadi Contoh Corporate University Ubah Paradigma Pendidikan ASN 1 Tangkapan layar acara penandatanganan MoU terkait Pengembangan Kompetensi ASN melalui Corporate University antara Menteri PANRB, Kepala LAN dan Gubernur Jawa Barat, secara virtual, Selasa (03/11).   JAKARTA – Provinsi Jawa Barat siap menjadi proyek percontohan ASN Corporate University atau CorpU. Pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) dilakukan dengan banyak...

Mengukur Kemampuan Calon Pimpinan Tinggi Kementerian PANRB Melalui 'Assessment Center'

20201102 Mengukur Kemampuan Calon Pimpinan Tinggi Kementerian PANRB Melalui Assessment Center 1Tangkapan layar peserta Seleksi Terbuka Calon PPT Pratama Kementerian PANRB sedang mengikuti tahapan assessment center secara daring, Senin (02/11)   JAKARTA – Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memasuki tahap assessment center. Tahap ini bertujuan untuk mengukur...

Melalui MPP, Pemda Ditantang Tingkatkan Layanan

20201105 Melalui MPP Pemda Ditantang Tingkatkan Layanan 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka Sosialisasi MPP Wilayah II secara virtual, Kamis (05/11).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan publik, salah satunya melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). Kehadiran MPP dapat memberi kemudahan untuk masyarakat...

Jawa Tengah Akan Replikasi Tiga Inovasi Pelayanan Publik yang Dibutuhkan Masyarakat

20201104 Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah 1   JAKARTA – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang merupakan salah satu dari delapan daerah Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) tahun 2020, akan mereplikasi tiga inovasi pelayanan publik. Tiga inovasi yang direplikasi dianggap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Tengah. Rencana replikasi itu diungkapkan pada acara Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik...

Masyarakat Tulang Bawang Dapat Segera Manfaatkan Mal Pelayanan Publik

20201102 MPP Tulang Bawang 2 Gedung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.   BANDAR LAMPUNG – Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, akan segera merasakan kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo bersama Bupati Tulang Bawang Winarti, dijadwalkan meresmikan MPP ke-29 di Indonesia tersebut pada Rabu...

Kabupaten Tulang Bawang Percepat Layanan Melalui Mal Pelayanan Publik

20201104 MPP Tulang Bawang 10 Menteri PANRB Tjahjo saat Peresmian MPP Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Rabu (04/11).   TULANG BAWANG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa kunci utama dari melayani masyarakat adalah percepatan pelayanan. Dengan diresmikannya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tulang Bawang, Pemkab Tulang Bawang telah menunjukkan...

Jadi 'Hub' JIPP, Sumatra Selatan Replikasi Tiga Inovasi

20201103 Hub JIPP Sumatra Selatan 4 Asisten III Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan Edward Juliartha dalam Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sumatra Selatan yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB secara virtual, Selasa (03/11)   JAKARTA – Provinsi Sumatra Selatan telah ditetapkan sebagai salah satu dari percontohan Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) tahun 2020. Rencananya,...

Kementerian PANRB akan Evaluasi 'e-Services' di Pemerintah Pusat dan Daerah

20201102 E Services 2 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Rapat Persiapan Evaluasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Tahun 2020, secara virtual, Senin (02/11).   JAKARTA – Sebanyak 365 unit pelayanan publik yang menyelenggarakan layanan berbasis elektronik atau e-services akan dievaluasi. Evaluasi tersebut dilakukan oleh unit kerja Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian...