Melihat Dampak Nyata Digitalisasi Kanal Pengaduan Pelayanan

20220617 Melihat Dampak Nyata Digitalisasi Kanal Pengaduan Pelayanan 1Penganugerahan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4.   JAKARTA – Sistem pengaduan pelayanan cepat atau lambat akan sepenuhnya melalui kanal digital. Perumda Air Minum Tugu Tirta Pemerintah Kota Malang dan RSUD Bendan Pekalongan telah membuktikan bahwa digitalisasi pengaduan tidak hanya mempermudah masyarakat, tetapi juga memudahkan pengelola, hingga meningkatkan kepercayan...

Kerja Sama Indonesia-Korea Menuju ‘Future Government’

20220617 Ministerial Meeting Kementerian PANRB dengan MoIS Korea Selatan 9Minister of Interior and Safety (MoIS) Lee Sang-min dan Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam Ministerial Meeting antara Kementerian PANRB dengan MoIS Korea Selatan, di Jakarta, Jumat (17/06).   JAKARTA – Indonesia melakukan perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan di masa datang melalui modernisasi birokrasi dengan menerapkan transformasi digital. Dengan kolaborasi...

Lima Spektrum untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik

20220615 Lima Spektrum untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik 2Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik Tahun 2022, di Bengkulu, Rabu (15/06).   BENGKULU – Masyarakat memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai pengguna layanan, masyarakat diharapkan aktif dalam memberikan masukan atas penyelenggaraan pelayanan...

Wujudkan Pemerintahan yang Lincah Melalui Penyederhanaan Birokrasi

20220614 Rapat Koordinasi Kebijakan bidang Kelembagaan dan Tata Laksana 6 Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati dalam acara Rakor Kebijakan Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, di Tangerang, Selasa (14/06).   TANGERANG – Pemerintah tengah fokus melakukan penyederhanaan birokrasi. Tidak hanya menghapus struktur birokrasi dan mengalihkan pejabat administrasi menjadi pejabat fungsional. Namun lebih dari itu untuk mewujudkan pemerintahan...

Berbagi Pengalaman Pelayanan Publik Digital dengan Korea Selatan

20220617 Kunjungan MOIS ke MPP DKI Jakarta 4 Minister of Interior and Safety (MoIS) Korea Selatan Lee Sang-min saat berkunjung ke MPP Provinsi DKI Jakarta, pada Kamis (16/06)   JAKARTA – Korea Selatan dikenal menjadi salah satu pionir dalam penerapan e-government di dunia. Kesiapan insfrastruktur maupun masyarakatnya dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, membuat Korea Selatan terdepan dalam...

Pengusulan ZI Kian Dekat, Kementerian PANRB Gelar Forum Komunikasi Zona Integritas

20220615 Pertemuan Forum Komunikasi ZI 2022 1Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto saat membuka Forum Komunikasi Zona Integritas 2022 dengan Tim Penilai Internal (TPI) secara daring, Rabu (15/06).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar Forum Komunikasi Zona Integritas (ZI) sebagai upaya menunjang kelancaran...

Jalur Pendidikan Sebagai Jalan Kembangkan Kompetensi Pegawai Kementerian PANRB

20220614 Sosialisasi Pengembangan Kompetensi Melalui Jalur Pendidikan 2 Kepala Biro SDM, Organisasi, dan Hukum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kompetensi Pegawai Melalui Jalur Pendidikan, di Jakarta, Selasa (14/06).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan bahwa pelaksanaan transformasi sumber daya manusia (SDM) terus diakselerasi pelaksanaannya. Salah satu upayanya adalah dengan...

Puncak Kompetisi Pengelolaan Pengaduan, Pemerintah Tidak Boleh Tutup Mata dan Telinga Terhadap Aduan Masyarakat

20220616 Awarding P4 Ke 4 17Suasana acara Penganugerahan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4 di Jakarta, Kamis (16/06).   JAKARTA – Rangkaian Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 mencapai garis akhir. Puncaknya, piala Anggakara Birawa dipersembahkan kepada 17 instansi pemerintah pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4. Piala tersebut diserahkan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan...

17 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Akan Terima Anggakara Birawa

20220615 Awarding Kompetisi P4   JAKARTA – Sebanyak 17 pemenang dari 51 peserta terbaik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 akan menerima Piala Anggakara Birawa. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dijadwalkan memberikan penghargaan tersebut di Jakarta, pada Kamis (16/06). Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan,...

Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Diumumkan, Bersiap ke Tahap Presentasi dan Wawancara

20220613 Finalis Top 99 dan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik Ditetapkan Bersiap ke Tahap Presentasi dan Wawancara 3   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengumumkan Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik yang terdiri dari Top 99 dan Top 15 Kelompok Khusus pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022. Inovasi terpilih merupakan hasil penjaringan dari 229 proposal yang terdiri atas 197 proposal kategori umum dan...

Indonesia-Korea Perkuat Pemerintahan Berbasis Digital

20220617 Digital Government Cooperation Forum 2022 2Minister of the Interior and Safety (MoIS) Lee Sang-min dan Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini saat menghadiri Korea-Indonesia Digital Government Cooperation Forum, di Jakarta, Kamis (16/06).   JAKARTA – Keberhasilan Korea Selatan dalam melakukan transformasi digital secara komprehensif membuat negaranya mampu menerapkan teknologi dalam berbagai bidang, tidak terkecuali pada sistem...

Mendorong Kehadiran MPP di Bumi Rafflesia

20220614 Mendorong Kehadiran MPP di Bumi Rafflesia 1 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Rapat Asistensi Penerapan PTSP di Daerah se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022 di Kota Bengkulu, Selasa (14/06).    BENGKULU – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) terus melakukan pendampingan ke berbagai daerah di Indonesia untuk menyiapkan kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP). Salah...

Instansi Pemerintah Diminta Cermati Panduan Penyampaian PMPRB

20220613 PMPRB   JAKARTA – Rentang waktu penyampaian Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) tahun 2022 segera berakhir. Instansi pemerintah diminta menyampaikan lembar kerja evaluasi (LKE) reformasi birokrasi (RB) dengan memperhatikan panduan yang tertuang pada pada Surat Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan No. B/564/RB.06/2022 tentang Mekanisme Penyampaian Pelaksanaan Reformasi...