Kementerian PANRB Tetapkan 41 Kandidat Lolos Tahap II Anugerah ASN 2021

20211121 Pengumuman Seleksi Tahap II Anugerah ASN 2021   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan 41 kandidat yang lolos Seleksi Tahap II Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021. Ke-41 kandidat tersebut terdiri dari 10 kandidat untuk Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, 10 kandidat PPT Pratama Teladan, 10 kandidat ASN Inspiratif, dan...

ASN Tidak Termasuk Kriteria Penerima Bantuan Sosial

20211120 Menteri PANRBMenteri PANRB Tjahjo Kumolo   JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan belum ada aturan spesifik bagi pegawai aparatur sipil negara (ASN) dilarang menerima bantuan sosial. Namun demikian, pada dasarnya pegawai ASN merupakan pegawai pemerintah yang memiliki penghasilan tetap. “Oleh karena itu, pegawai ASN...

BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin Covovax

20211119 BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin Covovax   Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) bagi vaksin COVID-19. Kali ini BPOM mengeluarkan EUA untuk vaksin dengan merek Covovax. “Sesuai persyaratan EUA, BPOM telah melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, khasiat, dan mutu yang mengacu pada standar evaluasi vaksin COVID-19,...

Arsitektur SPBE Dukung Transformasi Sistem Kerja Pasca-Penyederhanaan Birokrasi

2021116 Rapat Koordinasi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana 10Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam Rapat Koordinasi/Uji Publik Rancangan Kebijakan Menteri PANRB Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, secara virtual, Selasa (16/11).   JAKARTA – Penyederhanaan birokrasi memaksa aparatur sipil negara (ASN) dan instansi pemerintah untuk mengubah pola pikir dan sistem kerja yang tadinya bersifat...

Berinovasi Didorong Jadi Budaya Kerja ASN

20211119 Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 2     SURABAYA – Inovasi diharapkan menjadi budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan. Hal tersebut mengingat perubahan yang semakin masif dan keinginan masyarakat terhadap pemerintah untuk memberikan pelayanan yang semakin cepat, mudah, efektif, dan efisien.  “Inovasi pelayanan publik ini sudah selayaknya menjadi budaya bagi para ASN dalam bekerja....

Jurus Kemenkes Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga

20211118 Jurus Kemenkes Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga   Jakarta - Meski Indonesia sudah dikategorikan Level 1 risiko penularan COVID-19 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada akhir Oktober lalu, namun kewaspadaan adalah tetap yang utama. Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat tidak terlena...

Segera Diresmikan, MPP Kabupaten Bekasi Siap Layani Masyarakat Kota Industri

2021116 MPP Bekasi 1Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi   KAB. BEKASI - Mal Pelayanan Publik (MPP) akan kembali bertambah. MPP ke-46 di Indonesia akan hadir di Kabupaten Bekasi untuk melayani masyarakat di Kota Industri yang meliputi wilayah Cikarang, Cibitung, Tambun, dan sekitarnya. MPP Kabupaten Bekasi direncanakan untuk diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara...

Mengantar Inovasi dari Tanah Para Dewa ke Tingkat Dunia

20211119 Peninjauan Inovasi Patriot Oleh Tim Evaluasi KIPP 2021 Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung Wayan Suambara saat menerima kunjungan Tim Evaluasi dan Tim Sekretariat Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021, di Kabupaten Badung, Jumat (19/11).   BADUNG - Aplikasi Fish-Go yang kini bertransformasi menjadi Pendeteksi Area Tangkapan Ikan Menggunakan Sistem Internet of Things atau Patriot dari Kabupaten...

MPP Kabupaten Bekasi Siap Jadi 'Rumah' Bagi Investor

20211117 Peresmian MPP Kabupaten Bekasi 8 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan dalam Peresmian MPP Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/11).    KAB. BEKASI – Menjadi kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, membuat Kabupaten Bekasi didorong untuk menghadirkan pelayanan publik yang tak hanya ramah dan cepat bagi masyarakat, tapi juga suportif bagi para investor. Kesadaran...

Akselerasi Pelayanan Publik di Ranah Minang, 19 Daerah Replikasi Lima Inovasi

20211116 Akselerasi Pelayanan Publik di Ranah Minang 19 Daerah Replikasi Lima Inovasi 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara penandatanganan komitmen replikasi inovasi pelayanan publik bersama 19 pemerintah kota dan kabupaten se-Sumatra Barat secara virtual, Senin (15/11).   JAKARTA – Sebanyak 19 pemerintah kota dan kabupaten se-Sumatra Barat menandatangani komitmen replikasi inovasi pelayanan publik. Ada lima inovasi yang akan direplikasi...

Pemanfaatan 'Artificial Intelligence' Ditengah Gempuran Disrupsi

20211118 Ngulik Jatim Cettar 3 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat menjadi pembicara dalam Simposium Inovasi Pelayanan Publik "Ngulik Jatim Cettar", di Surabaya, Kamis (18/11).   SURABAYA – Presiden Joko Widodo mengamanatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk mempercepat birokrasi melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Arahan ini bukan...

Vaksinasi Dosis Kedua Mencapai 40% Dari Populasi Indonesia, Lampaui Target WHO

20211117 Target VaksinasiFoto oleh Damar - Medcom   JAKARTA - Perkembangan program vaksinasi nasional saat ini telah mencapai 40% populasi yang menerima dosis kedua secara nasional. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menekankan bahwa capaian ini telah melampaui target yang ditentukan oleh Badan Kesehatan Dunia atau Wolrd Health Organization (WHO).  "Dan pemerintah...

Upaya Kementerian PANRB, UNDP, dan KOICA Membumikan SP4N-LAPOR!

20211116 Upaya Kementerian PANRB UNDP dan KOICA Membumikan SP4N LAPOR 2 Tangkapan layar kegiatan Project Board Meeting Ke-9 Proyek Kerja Sama Kementerian PANRB dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP) secara daring, Selasa (16/11).   JAKARTA – Keberadaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) sebagai layanan penyampaian semua...