MPP di Pusat Perbelanjaan, Cara Baru Kota Singkawang Layani Masyarakatnya

20220405 20220405 MPP di Pusat Perbelanjaan Cara Baru Kota Singkawang Layani Masyarakatnya 1Dwi Safriansyah, salah seorang pengguna layanan di MPP Singkawang.   SINGKAWANG – Pelayanan publik yang mudah dan praktis tentu menjadi harapan masyarakat luas. Masyarakat tidak ingin direpotkan untuk mendapat pelayanan. Melihat hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang membuat inovasi dengan menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) di tengah pusat perbelanjaan Singkawang...

Rata-rata Nilai SAKIP RB Meningkat, Bukti Keseriusan Reformasi Birokrasi

20220405 SAKIP RB Awards 2021 1Suasana acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2021, di Jakarta, Selasa (05/04).   JAKARTA – Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi Tahun 2021 menunjukkan nilai rata-rata Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi...

Tanggulangi Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Bangka Lewat Gerbang Lestari

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021 JAKARTA – Kerusakan lingkungan akibat pertambangan timah menjadi salah satu persoalan yang dihadapi Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai daerah penghasil timah terbesar di dunia, lahan bekas pertambangan timah tidak layak untuk dikembangkan karena memiliki tingkat kesuburan cukup rendah dengan tingkat keasaman tanah (pH) yang tinggi, ketersediaan unsur hara...

KBK, Inovasi BPJS Kesehatan yang Mengukur Kinerja Fasilitas Kesehatan

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021   JAKARTA – Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) atau sering disebut faskes, menjadi garda terdepan sejak program Jaminan Kesehatan Nasional ditetapkan tahun 2014. Namun kualitas layanan di FKTP masih rendah karena belum adanya standar kinerja yang mendorong kualitas pelayanan. Akibatnya, peserta JKN tidak mendapatkan pelayanan optimal. Sementara setiap bulannya, FKTP...

Pemerintah Tetap Berhati-hati dan Terus Pantau Perkembangan Varian Covid-19

20220405 Pemerintah Tetap Berhati hati dan Terus Pantau Perkembangan Varian Covid 19 Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 4 April 2022, selepas mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres   Kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang secara relatif jauh lebih baik...

Satgas Penanganan COVID-19 Terbitkan SE 16/2022 Atur Perjalanan Dalam Negeri Saat Pandemi

20220404 Satgas Penanganan COVID 19 Terbitkan SE 162022 Atur Perjalanan Dalam Negeri Saat Pandemi   Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). SE yang ditandatangani Ketua Satgas Suharyanto pada tanggal 2 April ini berlaku mulai 2 April 2022. “Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 2 April...

MPP Hadir di Kota Singkawang

20220401 Peresmian MPP Singkawang 1 Suasana peresmian MPP Kota Singkawang oleh Menteri PANRB yang diwakili Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa bersama dengan Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan dan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (01/04).   SINGKAWANG – Pemerintah selalu berupaya untuk menghadirkan pelayanan publik yang baik...

Hasil Evaluasi SAKIP dan RB 2021 Segera Diumumkan

20220404 SAKIP RB   JAKARTA – Proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota tahun 2021 telah rampung. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo akan mengumumkan hasil evaluasi tersebut pada Selasa, 5 April 2022 pukul 09.00 WIB. “Penyerahan hasil evaluasi yang bernama SAKIP &...

Jangkau Pelayanan Kesehatan di Pedalaman Melalui PUBERTAS

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021 JAKARTA – Memiliki daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakatnya. Untuk memberikan layanan yang merata, Pemkab Balangan melalui Puskesmas Uren melakukan upaya jemput bola dengan menggagas inovasi Puskesmas Berjalan di Tapal Batas (PUBERTAS). “PUBERTAS merupakan...

Evaluasi Pelaksanaan SP4N-LAPOR!, Kementerian PANRB Minta Instansi Susun Rencana Aksi

20220331 Monitoring dan Evaluasi SP4N LAPOR Kementerian dan Lembaga 4 Asisten Deputi bidang Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad dalam acara Penyampaian Monitoring dan Evaluasi SP4N-LAPOR, di Jakarta, Kamis (31/03).   JAKARTA – Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di tingkat kementerian dan lembaga, dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur...

Akses Mudah Layanan Kesehatan dengan APAM Barabai

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021 JAKARTA – Digitalisasi pelayanan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus layanan publik dari pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang telah memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan secara digital sejak Desember 2018. Transformasi digital tersebut dihadirkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Damanhuri Barabai. Bupati...

Komitmen Keterbukaan Informasi Publik, Kementerian PANRB Lakukan Uji Konsekuensi

20220403 Uji Konsekuensi Publik 2 Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian PANRB Mohammad Averrouce pada acara Rapat Uji Konsekuensi Informasi Publik di Lingkungan Kementerian PANRB secara hibrida, Jumat (01/04).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai badan publik dituntut untuk memberikan...

Komitmen Berikan Layanan Cepat, Pemkot Singkawang Hadirkan MPP

20220331 Komitmen Berikan Layanan Cepat Pemkot Singkawang Hadirkan MPP 1 Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Singkawang   SINGKAWANG – Pemerintah Kota Singkawang terus berkomitmen memberikan layanan cepat dan mudah bagi masyarakat. Salah satunya dengan menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP). Kehadiran MPP Kota Singkawang ini menjadi MPP ke-56 di Indonesia. MPP ini rencananya akan diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi...