SUNTiK, Inovasi Ciptaan BATAN Pengganti Morfin untuk Penyintas Kanker

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Selama ini, penyintas kanker menggunakan morfin untuk meredakan nyeri yang telah menyebar hingga ke tulang. Namun kini, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggunakan samarium-153-EDTMP sebagai alternatif pengganti morfin yang potensial untuk meredakan nyeri. Inovasi tersebut dinamakan Samarium untuk Terapi Paliatif Kanker atau SUNTiK. “Inovasi ini bertujuan menyediakan...

Village Preneurship, Sinergikan Stakeholder untuk Tingkatkan Perekonomian Desa

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Fasilitasi instansi pemerintah dalam mengembangkan potensi desa, selama ini masih cenderung bersifat parsial, dan tidak jarang dilakukan di satu tempat sehingga terjadi pengulangan. Selain itu, fasilitasi tersebut juga kerap tidak berkesinambungan karena bersifat hanya sekali selesai dan tidak ada tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilakukan. Salah...

Pandeglang Hadirkan Mal Pelayanan Publik Pertama di Banten

20200831 MPP Pandeglang 1 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo saat meresmikan MPP Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (31/08).   PANDEGLANG – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pandeglang sebagai MPP pertama di Provinsi Banten telah diresmikan. Kehadiran MPP Pandeglang ini diharapkan bisa mendukung suksesnya reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik di...

Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pandeglang Siap Diresmikan

20200830 MPP Pandeglang 1 Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pandeglang   PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang akan memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di Provinsi Banten. Pusat pelayanan modern ini akan memberikan layanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman bagi masyarakat Pandeglang. MPP Pandeglang akan diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)...

Home Care, Permudah Layanan Kesehatan dengan Jemput Bola

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020  JAKARTA - Minat masyarakat untuk mengunjungi puskesmas tergolong rendah, walaupun layanan tidak dikenakan biaya. Keengganan ini, disebabkan oleh akses yang sulit dan warga yang lebih percaya kepada pengobatan alternatif. Hal ini yang membuat Pemerintah Kota Sukabumi membangun Inovasi Home Care Kota Sukabumi. Home Care Kota Sukabumi merupakan inovasi yang memberikan...

Inovasi Pelayanan Publik Menjawab Tantangan Adaptasi Kebiasaan Baru

20200831 Inovasi Pelayanan Publik Menjawab Tantangan 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Webinar Nasional Administrasi FISIP Universitas Udayana, Minggu (30/08).   JAKARTA – Inovasi atau terobosan pada bidang pelayanan publik sebaiknya tidak berhenti dilakukan selama masa krisis seperti pandemi Covid-19 saat ini. Bahkan, inovasi bisa menjawab tantangan pelayanan publik di era adaptasi kebiasaan...

Mengenal Garda Terdepan Komunikasi Pemerintah melalui Pranata Humas

20200830 Career and Talent Talk 2   JAKARTA – Jabatan fungsional Pranata Humas merupakan salah satu jabatan strategis yang dimiliki pemerintah. Sebagai Government Public Relations (GPR), jabatan fungsional yang lahir pada tahun 2001 ini memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan informasi dan kehumasan kepada masyarakat. Pranata Humas Ahli Muda Kementerian Komunikasi dan Informatika Asriani Sri Wahyuni...

Lahirkan Inovasi Klinik BUM Desa, Jatim Perkuat Ekonomi Masyarakat

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Pengentasan kemiskinan dipedesaan menjadi salah satu fokus Provinsi Jawa Timur, terlebih angka kemiskinan di pedesaan dua kali lipat lebih besar dibandingkan perkotaan. Sebagai sebuah solusi, Pemerintah Provinsi Jatim membangun inovasi Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) untuk memberikan pendampingan, pelatihan, dan saran kepada BUM Desa agar...

Konsultasikan Kesehatan di Kabupaten Nganjuk dengan Kelink Emas

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Keterbatasan jumlah tenaga kesehatan yang terjadi di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Nganjuk, membuat akses kesehatan belum mampu menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Beberapa pasien berharap selain mendapat pelayanan kesehatan bisa konsultasi leluasa dengan petugas kesehatan. Namun karena keterbatasan waktu pelayanan dan jumlah pasien yang banyak konsultasi menjadi kurang efektif....

Kualitas Pelayanan Publik Jadi Cerminan Wajah Birokrasi

20200828 mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I TPI 3 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (28/08).   SURAKARTA – Sebagai salah satu skala prioritas visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, reformasi birokrasi terus digencarkan di Indonesia. Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi inti dalam kesuksesan reformasi...

Peran Krusial Analis Kebijakan Di Era Pandemi Covid-19

20200831 Peran Krusial Analis Kebijakan 1   JAKARTA – Salah satu pemeran penting dibalik lahirnya kebijakan pemerintah, adalah jabatan analis kebijakan. Kemampuannya menganalisis dampak kebijakan serta mengomunikasikannya, adalah hal krusial, terutama kebijakan-kebijakan pada masa krisis pandemi Covid-19. Ada beberapa poin penting terkait peran analis di era pandemi, yang disampaikan Analis Kebijakan Ahli Muda Kementerian Lingkungan Hidup...

Wujudkan Transportasi Ramah Perempuan dan Anak di Kaltim dengan Ojol Berlian

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Timur menginisiasi inovasi pelayanan publik responsif gender yang dinamakan dengan Ojek Online Bersama Lindungi Anak atau disingkat Ojol Berlian. Digagasnya inovasi Ojol Berlian ini dilatarbelakangi adanya beberapa temuan di masyarakat terkait dengan anak dan perempuan. Pertama, perempuan dan...

Tekan Kematian Ibu dan Bayi dengan Si Beres Natuna

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Masyarakat di Kabupaten Natuna 'dihantui' persalinan yang menakutkan dengan fasilitas kesehatan. Disamping itu, mereka juga dihadapkan pada biaya mahal serta jarak jauh. Untuk itu, Pemkab Natuna berupaya menghadirkan pelayanan bersalin yang aman dan nyaman secara cuma-cuma yang diikuti dengan berbagai layanan gratis lainnya dengan inovasi Si Beres...