107 Peserta Telah Mendaftar Kompetisi Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik

20200907 Kompetisi SPAN 1   JAKARTA – Pendaftaran Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) 2020 masih berlangsung. Per hari ini, 7 September 2020, sebanyak 93 instansi pemerintah dan 14 unit pengelola pelayanan (UPP) telah mendaftar pada kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut. Deputi bidang Pelayanan Publik...

Sepasar Pedas, Sekolah Pasar Pedagang Kota Malang untuk Tingkatkan Daya Jual

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Perdagangan sebagai sektor dominan pembentuk perekonomian Kota Malang, salah satunya dengan keberadaan pasar rakyat. Revitalisasi pasar merupakan jalan Pemkot Malang untuk memajukan pasar rakyat. Namun ternyata, ketika pasar rakyat berhasil direvitalisasi, perubahan hanya tampak pada bangunan fisik yang menjadi megah. Perlu perubahan mindset dan peningkatan keahlian agar...

Upaya Kantor Kemenkumham Wilayah Jawa Tengah Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik

20200905 Penguatan Pembanguann ZI Menuju WBK dan WBBM KemenkumHAM Jawa Tengah 1 Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dalam acara Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM  Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Jawa Tengah, Sabtu (05/09).   PURWOREJO – Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah tengah membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih...

Warga Surabaya Nikmati Rumah Layak Huni Berkat 'Tahu Panas'

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Kebutuhan primer keluarga prasejahtera seringkali tidak terpenuhi sehingga kualitas hidup mereka rendah. Kebanyakan dari mereka pun tidak memiliki hunian yang layak. Permasalahan tersebut juga ditemui di Kota Surabaya. Sebagai kota yang tergolong metropolitan karena pertumbuhannya pesat, namun masyarakatnya masih ada yang termasuk penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS)....

Jawa Barat Ciptakan Santri Produktif Melalui One Pesantren One Product

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Selama ini, sebagian besar pesantren di Provinsi Jawa Barat belum mampu mandiri secara ekonomi untuk membiayai operasional maupun pengembangan sarana dan prasarana pesantren. Masalah itu diatasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat menginisiasi inovasi One Pesantren One Product (OPOP). Program ini adalah pemberdayaan (enabling,...

Inovasi PanganKu, Bangun Kemandirian Warga Kulon Progo

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Kemandirian pangan menjadi hal penting Kabupaten Kulon Progo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan memperkuat sistem perekonomian berbasis kerakyatan, Pemkab Kulon Progo menciptakan inovasi PanganKu. Memegang slogan Bela-Beli Kulon Progo dengan semangat “iso nandur ngopo tuku, iso ngingu ngopo tuku, iso nggawe ngopo tuku”, masyarakat dan Pemkab Kulon...

Integrasi Data Dukcapil dengan Mal Pelayanan Publik Timbulkan Multiplier Effect

20200903 Peninjauan MPP Pekanbaru 2 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat meninjau pelayanan di MPP Pekanbaru, Riau, Kamis (03/09).   PEKANBARU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pekanbaru kini telah terintegrasi dengan Mal Pelayanan Publik (MPP). Hal itu mendapat apresiasi dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi...

Pro Lantera KU Jadi Lentera Kesehatan Masyarakat Terpencil di Kalimantan Utara

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Pemerataan fasilitas kesehatan di Provinsi Kalimantan Utara terhambat karena dihadapkan pada kondisi geografis yang terdiri dari daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Kendala akses yang sangat sulit ditempuh melalui akses darat maupun sungai, membuat Provinsi Kalimantan Utara harus berpikir kreatif dan solutif. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut,...

Tekankan Nilai Kejujuran pada Tahap TOEFL CPNS

20200904 Tes TOEFL 5 Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat memberi sambutan pada Tes TOEFL CPNS 2019 di Jakarta, Jumat (04/09).   JAKARTA – Rangkaian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2019 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), sampai pada tahap Test of English as a...

Gerakan Indonesia Melayani Jadi Dasar Budaya Kerja ASN

20200903 Kuliah Umum Universitas Abdurrab 1 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan Kuliah Umum Universitas Abdurrab secara virtual, Kamis (03/09).    JAKARTA – Gerakan Indonesia Melayani (GIM) merupakan salah satu dari program prioritas Presiden Joko Widodo yang menjadi dasar untuk penciptaan budaya kerja aparatur sipil negara (ASN). Perubahan budaya kerja dilakukan mulai dari sisi perilaku para petugas,...

Aturan Baru Sistem Kerja ASN Berdasarkan Kategori Zonasi Risiko Wilayah

20200907 Menteri PANRBMenteri PANRB Tjahjo Kumolo   JAKARTA – Untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 di lingkungan kantor instansi pemerintah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo kembali mengatur sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) dalam tatanan normal baru. Sistem kerja baru bagi ASN tersebut dilakukan dengan mengatur kehadiran jumlah...

Inovasi Jam Kunci, Urus Dokumen Kependudukan di Banyuasin Cukup 5 Menit

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Kondisi wilayah Kabupaten Banyuasin yang luas dan sebagian besar terdiri atas wilayah perairan sebesar 80 persen, membuat masyarakat Kabupaten Banyuasin terkendala dalam mengakses pelayanan, salah satunya pelayanan dalam kepengurusan dokumen kependudukan. Masyarakat Banyuasin harus menggunakan moda transportasi speedboat atau tongkang dalam kepengurusan dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan...

Riau Safety Driving Center, Pionir Keselamatan dari Pekanbaru

20200903 Kunjungan Kerja di Provinsi Riau 3 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat kunjungan ke Pekanbaru, Riau, Kamis (03/09).   PEKANBARU – Riau Safety Driving Center (RSDC) menjadi salah satu pionir keselamatan berlalu lintas. Pusat pelayanan ini memadukan seluruh unsur edukasi keselamatan lalu lintas dalam satu area, termasuk pembuatan SIM. Diharapkan, banyak inovasi sejenis...