Keaktifan Pemda di Jawa Tengah dalam Pengelolaan SP4N Capai 100 Persen

20200825 Keaktifan Pemda di Jawa Tengah dalam Pengelolaan SP4N Capai 100 Persen 1   JAKARTA – Sebanyak 36 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah memiliki nilai keaktifan 100 persen dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Secara akumulatif, 68 persen laporan di seluruh Jawa Tengah telah ditindaklanjuti, sedangkan 32 persen laporan belum ditindaklanjuti. Evaluasi terhadap SP4N itu dilakukan oleh unit kerja...

Abang Timah untuk Bu Disa, Transformasi Bekas Tambang jadi Lumbung Padi

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020  JAKARTA – Maraknya aktivitas pertambangan di Kabupaten Bangka membuat lahan bekas tambang semakin meluas dan kehilangan potensinya. Inovasi Lahan Bekas Tambang Timah Untuk Budidaya Padi Sawah (Abang Timah untuk Bu Disa) dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka mampu menghidupkan kembali lahan bekas tambang untuk budi daya padi. Dalam...

Transformasi Digital Untuk Menuju Birokrasi Berkelas Dunia

20200824 Transformasi Digital Untuk Menuju Birokrasi Berkelas Dunia 1 Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji saat membuka seminar daring Literasi Digital SDM Aparatur, Senin (24/08).   JAKARTA – Pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik sebagai salah satu upaya reformasi birokrasi. Penerapan hal ini menuntut transformasi digital yang menyeluruh, baik dari sistem hingga SDM aparatur. “Birokrasi...

Libatkan Masyarakat untuk Tangani Masalah Prioritas Kesehatan dengan Inovasi Jamu Manis

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, terdapat lima masalah kesehatan warga yang menjadi prioritas, yakni kehamilan berisiko, tuberculosis atau TBC, diabetes mellitus, serta gangguan jiwa berat. Sayangnya, masyarakat tidak menyadari, serta masih ada keluarga yang kurang peduli dengan kondisi itu. Oleh karena itu, Puskesmas Senen berinovasi menciptakan gerakan...

Pemerintah Perlu Menggali Digital Talent

20200825 Webinar Literasi Digital SDM Aparatur 1 Tangkapan layar materi paparan dalam Webinar Literasi Digital SDM Aparatur, Senin (24/08).   JAKARTA – Pemerintah berkomitmen untuk melakukan percepatan transformasi digital sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Menurut Public Sector Analyst World Bank Jakarta Office (WBJO) Prasetya Dwicahya, ada dua hal penting dalam percepatan transformasi digital pemerintahan Indonesia, yaitu...

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Didorong Tindaklanjuti Aduan Masyarakat Terkait Covid-19

20200824 Review Tindak Lanjut SP4N LAPOR tahun 2020 Provinsi Sulawesi Selatan 3 Asisten Deputi bidang Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB Muhammad Imanuddin pada Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! tahun 2020 Provinsi Sulawesi Selatan secara virtual, Senin (24/08).   JAKARTA – Keterhubungan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) pada pemerintah daerah di Sulawesi Selatan telah...

Kampung KB Kampung Baiman, Program Pemerataan Pembangunan dari Tanah Borneo

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Pemerintah Kota Banjarmasin membuat inovasi dengan model pendekatan pembangunan yang memadukan program pemerintah pusat dengan program daerah Banjarmasin. Digagas oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin, inovasi ini memadukan program pembangunan pemerintah pusat, yaitu program Keluarga Berencana (KB) dan visi misi Wali Kota...

Tani Jago Dilan, Upaya Optimalisasi Pertanian Jagung dari Lamongan

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Kabupaten Lamongan merupakan salah satu lumbung jagung di Jawa Timur. Namun pertanian jagung di kabupaten tersebut masih mengalami dua masalah utama sehingga hasilnya belum optimal, yakni produktivitas masih rendah dan tingginya kesenjangan hasil pendapatan yang diterima petani. Untuk menangani masalah tersebut, Pemerintah Kabupaten Lamongan bangkit lewat inovasi...

Mengenal Serba-Serbi Evaluasi Zona Integritas 2020

20200824 Evaluasi ZI   JAKARTA – Jelang pelaksanaan evaluasi zona integritas (ZI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengadakan sosialisasi terkait mekanisme penyelenggaraan evaluasi tersebut. Instansi pemerintah yang mengusulkan ZI akan mendapatkan penjelasan secara menyeluruh terkait fokus, tahapan, serta timeline evaluasi ZI dan survei online ZI-RB tahun 2020. “Sosialisasi ini...

Asyiknya Belajar Matematika dengan INOBEL I-STEM/STEAM

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Matematika seringkali menjadi momok menyeramkan bagi siswa sekolah. Padahal, mata pelajaran ini dapat membangun dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Untuk mematahkan stigma tersebut dan membuat matematika menjadi lebih asyik untuk dipelajari, SMP Negeri 1 Magelang membuat inovasi pembelajaran dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics (STEAM)....

Si Cantik SKIPM Palangkaraya Berdampak Pada Peningkatan Ekspor Ikan

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Kondisi geografis Kalimantan Tengah kerapkali menjadi kendala pengusaha dalam mengurus sertifikasi karantina ikan dan mutu hasil perikanan. Lokasi domisili pengusaha yang jauh dari Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palangkaraya ataupun wilayah kerja di Sampit dan Pangkalan Bun menjadi hambatan tersendiri. Berangkat dari...

Berdayakan Penambak Garam dengan Inovasi PUGaR

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Panjangnya garis pantai Indonesia, menjadikan garam sebagai salah satu produksi utama. Jumlah penambak garam tercatat 32.610 jiwa, tersebar di Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, NTT, Bali, Sulawesi Tenggara, hingga Gorontalo. Atas dasar potensi itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menciptakan inovasi Pengembangan Usaha Garam Rakyat atau...

Peran Jurnalis dalam Pelayanan Publik di Masa Pandemi

20200822 Weinar Jurnalistik GIZ 2 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa pada pembukaan webinar Program Jurrnalisme Isu Pelayanan Publik di Masa Pandemi, Sabtu (22/08).   JAKARTA – Memasuki era tatanan normal baru selama pandemi Covid-19, masyarakat perlu informasi valid mengenai penyelenggaraan pelayanan publik. Tentu, informasi valid itu perlu dukungan insan pers, jurnalisme warga,...