Akses Mudah Layanan Kesehatan dengan APAM Barabai

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021 JAKARTA – Digitalisasi pelayanan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus layanan publik dari pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang telah memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan secara digital sejak Desember 2018. Transformasi digital tersebut dihadirkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Damanhuri Barabai. Bupati...

Tanggulangi Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Bangka Lewat Gerbang Lestari

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021 JAKARTA – Kerusakan lingkungan akibat pertambangan timah menjadi salah satu persoalan yang dihadapi Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai daerah penghasil timah terbesar di dunia, lahan bekas pertambangan timah tidak layak untuk dikembangkan karena memiliki tingkat kesuburan cukup rendah dengan tingkat keasaman tanah (pH) yang tinggi, ketersediaan unsur hara...

KBK, Inovasi BPJS Kesehatan yang Mengukur Kinerja Fasilitas Kesehatan

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021   JAKARTA – Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) atau sering disebut faskes, menjadi garda terdepan sejak program Jaminan Kesehatan Nasional ditetapkan tahun 2014. Namun kualitas layanan di FKTP masih rendah karena belum adanya standar kinerja yang mendorong kualitas pelayanan. Akibatnya, peserta JKN tidak mendapatkan pelayanan optimal. Sementara setiap bulannya, FKTP...

Vaksinasi untuk Lindungi Masyarakat Bukan untuk Persulit Mobilitas

20220331 Vaksinasi Bukan Persulit Mobilitas   Vaksinasi booster diperlukan untuk mengurangi risiko jika tertular COVID-19. Jika mobilitas masyarakat jadi masif, maka risiko penularan COVID-19 turut meningkat. Dengan mudik yang berarti kembali ke kampung dan bertemu keluarga, risiko penularan lebih tinggi pada orang tua atau Lansia. Oleh karenanya, sangat direkomendasikan untuk masyarakat yang akan mudik segera...

Satgas Penanganan COVID-19 Terbitkan SE 16/2022 Atur Perjalanan Dalam Negeri Saat Pandemi

20220404 Satgas Penanganan COVID 19 Terbitkan SE 162022 Atur Perjalanan Dalam Negeri Saat Pandemi   Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). SE yang ditandatangani Ketua Satgas Suharyanto pada tanggal 2 April ini berlaku mulai 2 April 2022. “Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 2 April...

MPP Hadir di Kota Singkawang

20220401 Peresmian MPP Singkawang 1 Suasana peresmian MPP Kota Singkawang oleh Menteri PANRB yang diwakili Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa bersama dengan Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan dan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (01/04).   SINGKAWANG – Pemerintah selalu berupaya untuk menghadirkan pelayanan publik yang baik...

Raih Predikat Pelayanan Prima, Samsat Manokwari Didorong Jadi 'Role Model'

20220329 Raih Predikat Pelayanan Prima Samsat Manokwari Didorong Jadi Role Model 1Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat memberikan piagam penghargaan predikat Pelayanan Prima pada UPT SAMSAT Manokwari, di Manokwari, Selasa (29/03).   JAKARTA – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Manokwari berhasil memperoleh predikat Pelayanan Prima pada evaluasi pelayanan publik tahun 2021. Atas perolehan ini, Deputi bidang Pelayanan...

Jangkau Pelayanan Kesehatan di Pedalaman Melalui PUBERTAS

20220401 Cover Top 45 KIPP 2021 JAKARTA – Memiliki daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakatnya. Untuk memberikan layanan yang merata, Pemkab Balangan melalui Puskesmas Uren melakukan upaya jemput bola dengan menggagas inovasi Puskesmas Berjalan di Tapal Batas (PUBERTAS). “PUBERTAS merupakan...

Evaluasi Pelaksanaan SP4N-LAPOR!, Kementerian PANRB Minta Instansi Susun Rencana Aksi

20220331 Monitoring dan Evaluasi SP4N LAPOR Kementerian dan Lembaga 4 Asisten Deputi bidang Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad dalam acara Penyampaian Monitoring dan Evaluasi SP4N-LAPOR, di Jakarta, Kamis (31/03).   JAKARTA – Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di tingkat kementerian dan lembaga, dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur...

Kementerian PANRB dan BNI Sepakat Sediakan Integrasi 'Cloud'

20220329 MoU Kementerian PANRB dan BNI 10 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Digitalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia bagi Aparatur Sipil Negara dan Program Ekosistem Keuangan Institusi Pemerintah, di Jakarta, Selasa (29/03).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero)...

Komitmen Keterbukaan Informasi Publik, Kementerian PANRB Lakukan Uji Konsekuensi

20220403 Uji Konsekuensi Publik 2 Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian PANRB Mohammad Averrouce pada acara Rapat Uji Konsekuensi Informasi Publik di Lingkungan Kementerian PANRB secara hibrida, Jumat (01/04).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai badan publik dituntut untuk memberikan...

Komitmen Berikan Layanan Cepat, Pemkot Singkawang Hadirkan MPP

20220331 Komitmen Berikan Layanan Cepat Pemkot Singkawang Hadirkan MPP 1 Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Singkawang   SINGKAWANG – Pemerintah Kota Singkawang terus berkomitmen memberikan layanan cepat dan mudah bagi masyarakat. Salah satunya dengan menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP). Kehadiran MPP Kota Singkawang ini menjadi MPP ke-56 di Indonesia. MPP ini rencananya akan diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi...

Angka Kasus COVID-19 Terus Membaik

20220329 Angka Kasus COVID 19 Terus Membaik Foto: BNPB   Jakarta, InfoPublik - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia sudah mulai membaik. Angka konfirmasi positif maupun harian terus menurun. Selain itu angka keterisian rumah sakit (RS) juga sudah dibawah 10 persen dan angka positif rate sudah kembali normal di bawah lima persen....