Lima Spektrum untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik

20220615 Lima Spektrum untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik 2Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik Tahun 2022, di Bengkulu, Rabu (15/06).   BENGKULU – Masyarakat memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai pengguna layanan, masyarakat diharapkan aktif dalam memberikan masukan atas penyelenggaraan pelayanan...

Pengusulan ZI Kian Dekat, Kementerian PANRB Gelar Forum Komunikasi Zona Integritas

20220615 Pertemuan Forum Komunikasi ZI 2022 1Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto saat membuka Forum Komunikasi Zona Integritas 2022 dengan Tim Penilai Internal (TPI) secara daring, Rabu (15/06).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar Forum Komunikasi Zona Integritas (ZI) sebagai upaya menunjang kelancaran...

Jalur Pendidikan Sebagai Jalan Kembangkan Kompetensi Pegawai Kementerian PANRB

20220614 Sosialisasi Pengembangan Kompetensi Melalui Jalur Pendidikan 2 Kepala Biro SDM, Organisasi, dan Hukum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kompetensi Pegawai Melalui Jalur Pendidikan, di Jakarta, Selasa (14/06).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan bahwa pelaksanaan transformasi sumber daya manusia (SDM) terus diakselerasi pelaksanaannya. Salah satu upayanya adalah dengan...

Rangkul Forses, Kementerian PANRB Optimalisasi ‘BerAKHLAK’

20220609 Rakor Penguatan Komitmen Implementasi Core Values ASN 6Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, dalam Rapat Koordinasi Penguatan Komitmen Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK Tingkat Kementerian/Lembaga, di Jakarta, Kamis (09/06).   JAKARTA – Pemerintah tak henti-hentinya mendorong percepatan transformasi aparatur sipil negara (ASN). Pada lingkup ASN pusat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggandeng anggota Forum Sekretaris (Forses)...

17 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Akan Terima Anggakara Birawa

20220615 Awarding Kompetisi P4   JAKARTA – Sebanyak 17 pemenang dari 51 peserta terbaik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 akan menerima Piala Anggakara Birawa. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dijadwalkan memberikan penghargaan tersebut di Jakarta, pada Kamis (16/06). Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan,...

Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Diumumkan, Bersiap ke Tahap Presentasi dan Wawancara

20220613 Finalis Top 99 dan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik Ditetapkan Bersiap ke Tahap Presentasi dan Wawancara 3   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengumumkan Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik yang terdiri dari Top 99 dan Top 15 Kelompok Khusus pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022. Inovasi terpilih merupakan hasil penjaringan dari 229 proposal yang terdiri atas 197 proposal kategori umum dan...

Inilah Prioritas Pelamar pada Pengadaan PPPK Guru 2022

20220609 Inilah Prioritas Pelamar pada Pengadaan PPPK Guru 2022Tangkapan layar penjelasan Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni terkait Pengadaan PPPK Guru Tahun 2022, dalam Sosialisasi PermenPANRB No. 20/2022, secara virtual, Kamis (09/06).   JAKARTA – Pemerintah kembali membuka pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru di tahun 2022 yang prioritaskan kategori pelamar I, II, dan III....

Mendorong Kehadiran MPP di Bumi Rafflesia

20220614 Mendorong Kehadiran MPP di Bumi Rafflesia 1 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Rapat Asistensi Penerapan PTSP di Daerah se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022 di Kota Bengkulu, Selasa (14/06).    BENGKULU – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) terus melakukan pendampingan ke berbagai daerah di Indonesia untuk menyiapkan kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP). Salah...

Instansi Pemerintah Diminta Cermati Panduan Penyampaian PMPRB

20220613 PMPRB   JAKARTA – Rentang waktu penyampaian Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) tahun 2022 segera berakhir. Instansi pemerintah diminta menyampaikan lembar kerja evaluasi (LKE) reformasi birokrasi (RB) dengan memperhatikan panduan yang tertuang pada pada Surat Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan No. B/564/RB.06/2022 tentang Mekanisme Penyampaian Pelaksanaan Reformasi...

Pemerintah Gandeng Georgia untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Tanah Air

20220608 Pemerintah Gandeng Georgia untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Tanah Air 3Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dan Menteri Kehakiman Georgia Rati Bregadze usai menandatangani nota kesepahaman terkait penyelenggaraan pelayanan publik di Tiblisi, Georgia, Selasa (07/06).   TIBLISI – Georgia menjadi salah satu negara terbaik di dunia untuk pelayanan publik berkualitas, terutama soal integrasi dan kecepatan proses layanan. Atas dasar itu, pemerintah Indonesia...

Wujudkan Pemerintahan yang Lincah Melalui Penyederhanaan Birokrasi

20220614 Rapat Koordinasi Kebijakan bidang Kelembagaan dan Tata Laksana 6 Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati dalam acara Rakor Kebijakan Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, di Tangerang, Selasa (14/06).   TANGERANG – Pemerintah tengah fokus melakukan penyederhanaan birokrasi. Tidak hanya menghapus struktur birokrasi dan mengalihkan pejabat administrasi menjadi pejabat fungsional. Namun lebih dari itu untuk mewujudkan pemerintahan...

Menteri Tjahjo: Perwakilan RI di Luar Negeri Harus Miliki Jiwa Melayani

20220610 Kunjungan ke KJRI Istanbul 3Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat meninjau fasilitas pelayanan di KJRI Istanbul, Turkiye, Kamis (09/06).   ISTANBUL – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa diplomat Indonesia harus memiliki jiwa melayani. Tidak hanya bagi Warga Negara Indonesia (WNI), jiwa melayani juga harus ditunjukkan bagi warga negara...

Adaptasi Keterbukaan Informasi di Era Digital

20220607 PPID Sharing 4 Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam acara PPID Sharing: Keterbukaan Informasi di Era Digital yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (07/06).   JAKARTA – Setiap badan publik memiliki kewajiban untuk membuka akses atas informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada masyarakat luas. Kewajiban tersebut tertera dalam UU No. 14/2008 tentang...