Aplikasi Verasi Permudah Kemenkumham Lakukan Akreditasi Organisasi Pemberi Bantuan Hukum

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Pemberian bantuan hukum kepada masyarakat menjadi salah satu fokus Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM. BPHN memiliki kewenangan untuk memverifikasi dan melakukan akreditasi organisasi pemberi bantuan hukum. Namun ternyata, BPHN mengalami kendala dalam memproses permohonan verifikasi dan akreditasi organisasi pemberi...

Manajemen Talenta Jadi Pilar Penting dalam Sistem Merit

20200730 Manajemen Talenta ASN 1 Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi PermenPANRB No. 3/2020, secara virtual, Rabu (29/07).   JAKARTA – Manajemen talenta aparatur sipil negara (ASN) menjadi salah satu prioritas nasional dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara...

Si Midun Chating ke Faskes, Kolaborasi Dukun Kampung dan Bidan Turunkan Risiko Kematian Ibu

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Tingginya angka kematian ibu (AKI) dan stunting di Kabupaten Hulu Sungai Selatan membuat pemerintah setempat menghadirkan inovasi Si Midun Chating ke Faskes. Inovasi ini merupakan kerja sama antara dukun kampung (DK) dan bidan untuk mengedukasi masyarakat, terutama dalam hal persalinan dan risiko stunting ke fasilitas kesehatan. Inovasi...

Cengkraman Mata Elang Untuk Cegah Kematian Ibu dan Bayi di Demak

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Sejak berdiri pada tahun 1988, belum pernah ada zero kematian ibu dan bayi di Puskesmas Bonang II, Kabupaten Demak. Puskesmas tersebut berada di daerah pesisir yang padat penduduknya, dan ternyata itu menjadi salah satu faktor penyebab kematian ibu dan bayi karena adanya keterlambatan pendeteksian dengan karakterisik daerah...

Kementerian PANRB Sampaikan Hasil Evaluasi Pengelolaan SP4N-LAPOR Provinsi Lampung

20200729 Kementerian PANRB Sampaikan Hasil Evaluasi Pengelolaan SP4N LAPOR Provinsi Lampung 1   JAKARTA – Pengelolaan pengaduan melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) di seluruh wilayah Lampung terus dipantau oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Selama periode Januari-Juli 2020, seluruh kabupaten dan kota maupun provinsi yang ada di Lampung menerima 633 laporan. Dari jumlah tersebut, 129...

Siapkan Layanan Publik Labuan Bajo Menuju Wisata Kelas Dunia

20200728 Kunjungan Kerja ke Kab. Manggarai Barat 2 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam kunjungannya ke Manggarai Barat, Selasa (28/07).   MANGGARAI BARAT – Labuan Bajo menjadi salah satu dari sepuluh daerah wisata prioritas yang perlu dikembangkan. Kecamatan yang terletak di Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur tersebut, juga berstatus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan...

Human Capital ASN Harus Dibarengi Perubahan 'Mindset' Pengelola Kepegawaian

20200728 Rapat Koordinasi dan Sosialisasi PP No. 172020 8    JAKARTA – Pengelolaan pengembangan kompetensi pegawai negeri sipil (PNS) harus diikuti dengan perubahan pola pikir (mindset) dari pengelola sumber daya manusia (SDM) di setiap instansi pemerintah. Deputi bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Muhammad Taufiq mengatakan salah satu tantangan utama dalam pengembangan...

Gelang Si Cantik untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Pendidikan sekolah dihadapkan pada permasalahan rendahnya minat baca dan belum optimalnya pemanfaatan fasilitas literasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan terobosan yang inovatif yaitu Gerakan Literasi Mengangkat Prestasi dengan Membaca, Menulis, dan TIK (Gelang Si Cantik). Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca warga sekolah serta meningkatkan pemanfaatan...

Berdayakan Masyarakat Pesisir dengan Inovasi Ikan Dori

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, yakni sepanjang 95.181 kilometer. Melihat kondisi geografis ini, Kementerian Perindustrian memanfaatkan potensi kelautan yang dimiliki Indonesia. Mereka menciptakan inovasi Ikan Dori, yang membuka peluang dan kesempatan bekerja bagi masyarakat pesisir atau yang dekat dengan sumber bahan baku...

Pemerintah Akomodir Aspirasi Aparatur Negara terkait Cuti dan Pemberhentian PNS Pada PP No. 17/2020

20200728 Rapat Koordinasi dan Sosialisasi PP No. 172020 1 Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN Haryomo Dwi Putranto saat menjadi narasumber dalam Rakor dan Sosialisasi PP No. 17/2020, yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB secara virtual beberapa waktu lalu.   JAKARTA – Pemerintah mengakomodir usulan dan masukan pegawai negeri sipil (PNS) di instansi pusat dan pemerintah daerah (pemda) terkait cuti...

Tingkatkan Perekonomian Nelayan dengan ZPPI

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Salah satu tantangan klasik sektor perikanan tangkap di Indonesia adalah kesulitan nelayan dalam menentukan lokasi penangkapan ikan. Selama ini penangkapan ikan masih menggunakan cara tradisional. Mengatasi hal tersebut, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) Lembaga Penerbangan dan Anatariksa (LAPAN) mengembangkan inovasi informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) untuk...

Antisipasi Bahaya Lingkungan Akibat Pertambangan dengan Simon Bageol

Cover KIPP 2020   JAKARTA - Bahaya kegeologian dan lingkungan perlu diantisipasi oleh perusahaan pertambangan. Pergerakan tanah, kelongsoran, pencemaran tanah, dan dampak lain memungkinkan terjadi disebabkan oleh aktivitas dari dasar bumi yang muncul ke permukaan. Bahkan juga memungkinkan adanya dampak tidak langsung dan mempengaruhi hajat hidup orang banyak seperti berkurangnya kualitas dan kuantitas cadangan...

Kemenkumham Diharapkan Terus Optimalkan LAPOR! dan SIPP

20200727 Kemenkumham Diharapkan Terus Optimalkan LAPOR dan SIPP 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara Pembinaan LAPOR! dan SIPP yang diselenggarakan oleh Kemenkumham di Jakarta, Senin (27/07).   JAKARTA – Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa berharap Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dapat terus mengoptimalkan penggunaan aplikasi...