MAN de MOTEFA, Mencetak Lulusan Madrasah Aliyah yang Siap Kerja

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Dunia kerja mensyaratkan sumber daya manusia yang mempunyai suatu keterampilan. Hal ini disadari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kulon Progo yang harus menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap memasuki dunia kerja. Pasalnya, data internal lulusan siswa MAN 2 Kulon Progo setiap tahunnya menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil...

SiPakde-ATIGA, Inovasi Kemenkeu yang Mempersingkat Waktu Impor

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Beberapa kelemahan terdeteksi ketika proses klaim bea masuk preferensi menggunakan dokumen fisik ASEAN Trade In Goods Agreement (ATIGA). Salah satu kelemahannya adalah kontainer sering tertahan di pelabuhan karena importir menunggu dokumen fisik dari negara eksportir. Untuk efisiensi waktu, Kementerian Keuangan menciptakan inovasi bernama SiPakde-ATIGA. SiPakde-ATIGA merupakan singkatan...

Pentingnya Pengembangan Kompetensi Terhadap Kinerja ASN

20200722 Pentingnya Pengembangan Kompetensi Terhadap Kinerja ASN 1   JAKARTA – Kompetensi aparatur sipil negara (ASN) berperan penuh dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman yang dinamis. Kompetensi tersebut dapat berpengaruh dan berdampak buruk terhadap kinerja organisasi, apabila kompetensi yang dimiliki oleh ASN tidak dikembangkan. Asisten Deputi Manajemen Karir dan Talenta Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara...

Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia Melalui SPBE

20200221 Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia Melalui SPBE 2 Tangkapan layar materi Bimbingan Teknis Manajemen Risiko SPBE Gelombang II, Selasa (21/07).   JAKARTA – Salah satu upaya mewujudkan birokrasi berkelas dunia adalah dengan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sebagaimana telah diterbitkannya Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Demikian...

Permudah Akses Informasi Statistik Melalui Bikin Asik

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Dampak perkembangan internet yang kian pesat memunculkan fenomena big data yang merangkum data dari berbagai sumber. Akibatnya muncul berbagai permasalahan, salah satunya keluhan pengguna data terkait perbedaan (dispute) antar penghasil data. Menjawab permasalahan pelayanan publik tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mengembangkan inovasi jamBI terKINi dalam...

Kementerian PANRB Pacu Layanan Imigrasi Jadi Percontohan Pelayanan Kaum Rentan

20200721 Kunjungan Kerja ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (21/07).   WONOSOBO – Menjadi salah satu unit layanan publik yang sangat diperlukan masyarakat, membuat layanan keimigrasian didorong untuk menjadi percontohan (role model) dalam pelayanan publik yang ramah terhadap...

Kawasan Ekonomi Khusus Bisa Langsung Terbitkan Izin Usaha

20200720 Kawasan Ekonomi Khusus Bisa Langsung Terbitkan Izin Usaha 1   JAKARTA – Sejak tahun 2018, pemerintah memberlakukan Online Single Submission (OSS) sebagai portal terintegrasi penerbitan izin berusaha di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Namun, dengan lahirnya kebijakan ini, ada anggapan bahwa perizinan tertentu, seperti di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dikembalikan lagi...

Kementerian PANRB Apresiasi Layanan Drive Thru SIM di MPP Batang

20200722 Kementerian PANRB Apresiasi Layanan Drive Thru SIM di MPP Batang 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat memberikan penghargaan kepada Bupati Batang Wihaji atas komitmennya dalam mewujudkan MPP Kabupaten Batang, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (22/07).    BATANG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian bidang Pelayanan Publik mengapresiasi inovasi layanan drive thru...

Tahap Akhir Kompetisi, Siapakah Peraih Top 45 dan Top 5 Inovasi Pelayanan Publik 2020?

20200721 Tahap Akhir Kompetisi Siapakah Peraih Top 45 dan Top 5 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Ketua Tim Panel Independen KIPP 2020 J.B Kristiadi (kiri) dan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa (kanan) saat penyerahan hasil rekapitulasi penilaian Top 99 dan 15 Finalis Kelompok Khusus KIPP 2020.    JAKARTA – Tahap presentasi Top 99 dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)...

Empat Pilar Pendukung Kendal Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

20200720 Empat Pilar Pendukung Kendal Jadi Kawasan Ekonomi Khusus 1   JAKARTA – Sejak Desember 2019 lalu, kawasan industri Kendal, Jawa Tengah, resmi menyandang status baru sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Direktur KEK Kendal Didik Purbadi menyebutkan, setidaknya ada empat pilar yang disiapkan Kendal dalam upaya mengubah status wilayahnya tersebut. Minimal, tanah dan air sudah dikuasai untuk pengembangan ekonomi. Pilar...

81 Persen Aduan Pelayanan Publik di Jawa Timur Terselesaikan

20200722 81 Persen Aduan Pelayanan Publik di Jawa Timur Terselesaikan 1 Tangkapan layar paparan dalam Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! Tahun 2020 Provinsi Jawa Timur virtual, Rabu (22/07).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memantau serta mengevaluasi pelaksanan pengelolaan pengaduan di Jawa Timur, termasuk kabupaten dan kota di wilayahnya. Hasilnya, pengaduan yang dikelola melalui aplikasi Layanan Aspirasi...

Menteri Tjahjo Dorong Instansi Pemerintah Gaungkan Aksi Pencegahan Korupsi

20200721 Menteri Tjahjo Dorong Instansi Pemerintah Gaungkan Aksi Pencegahan Korupsi Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam Rapat Koordinasi Tim Pengarah Strategi Nasional (Stranas) Pencegahan Korupsi secara virtual di Jakarta, Selasa (21/07).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar aksi pencegahan korupsi diprioritaskan terutama di sektor perizinan dan sektor...

ASN Unggul Jadi Kunci Keberhasilan e-Services

20200720 ASN Unggul Jadi Kunci Keberhasilan e Services 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat menjadi narasumber dalam webinar bertema AI (Artificial Intelligence): Sejarah dan Pemanfaatannya, Senin (20/07).   JAKARTA – Keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik tidak dapat dilepaskan dari peran sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Aparatur sipil negara (ASN) sebagai pelayan masyarakat,...