Melalui Pro-PA, Pengadaan Barang dan Jasa Miliki Nilai Manfaat Maksimal

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA - Tingginya kasus korupsi yang sebagian besar terkait pengadaan barang/jasa menyebabkan ketakutan atas kondisi lingkungan kerja yang tidak mendukung bagi para pelaku pengadaan. Solusi mengatasi hal tersebut, Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mengembangkan inovasi Procurement Probity Advice (Pro-PA) yang dapat melancarkan proses pelaksanaan pengadaan,...

Kota Jambi Percepat Bangun Infrastruktur dengan Bangkit Berdaya

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Kota Jambi memiliki permasalahan infrastruktur dan utilitas perkotaan yang semakin hari semakin memprihatinkan. Hal ini terlihat dari ribuan proposal pembangunan skala kecil dari masyarakat pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Jambi setiap tahunnya namun hanya sebagian kecil yang dapat dilaksanakan oleh...

Perubahan PP Manajemen PNS Jamin Pengembangan Karier dan Kompetensi PNS

20200724 Perubahan PP Manajemen PNS Jamin Pengembangan Karier dan Kompetensi PNS 1   JAKARTA – Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 17/2020 tentang Perubahan atas PP No. 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Revisi aturan tersebut lebih menjamin serta menguatkan pengembangan karier dan kompetensi PNS. Disamping itu, perubahan beberapa ketentuan dalam peraturan sebelumnya diharapkan bisa meningkatkan pemenuhan kebutuhan organisasi. Plt....

Pastikan Subsidi Listrik Rumah Tangga Tepat Sasaran Melalui Aplikasi Peduli

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Masih ada sebagian masyarakat yang belum mendapatkan haknya menerima subsidi listrik. Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengembangkan inovasi Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik (Peduli), untuk memastikan kepesertaan subsidi listrik tepat sasaran bagi pelanggan rumah tangga. Inovasi ini memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan...

Ubah Stigma Matematika dengan Gerakan Ajarmat

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA - Sebagian siswa masih memandang matematika adalah pelajaran sulit yang sering dianggap momok. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak tinggal diam. Mereka menciptakan gerakan Ayo Belajar Matematika (Ajarmat), yang merekrut masyarakat untuk diberikan pelatihan sehingga mampu mendampingi anak-anak mereka belajar matematika. Ajarmat adalah inovasi yang diciptakan oleh Pusat Pengembangan dan...

Pantau Sumber Daya Hutan dan Cegah Deforestasi dengan Inovasi Simontana

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Sebagai salah satu negara dengan hutan terluas, masyarakat, maupun pelaku usaha butuh informasi mengenai sumber daya alam, serta mencegah meluasnya deforestasi. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menciptakan inovasi Simontana, yakni untuk mewujudkan informasi sumber daya hutan yang andal dalam mendukung pembangunan hutan nasional yang berkelanjutan. Inovasi...

Provinsi Jabar Tindaklanjuti 89 Persen Aduan Masyarakat

20200724 Review Tindak Lanjut SP4N LAPOR Tahun 2020 pada wilayah Provinsi Jawa Barat 3   JAKARTA – Upaya memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat ditunjukkan pemerintah daerah, salah satunya Provinsi Jawa Barat. Jabar telah melakukan tindak lanjut aduan masyarakat pada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Provinsi Jabar tercatat berhasil menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui kanal SP4N-LAPOR! sebesar...

Anugerah ASN Kembali Digelar dengan Tiga Kategori

20200727 Anugerah ASN 2   JAKARTA – Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di tahun 2020. Pelaksanaannya ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 131/2020 tentang Anugerah ASN Tahun 2020. Ajang Anugerah ASN merupakan penghargaan bagi ASN sebagai individu maupun organisasi yang telah memberikan kontribusi...

Kementerian PANRB Bersama KOICA dan UNDP Berikan 10.000 Masker untuk Pengelola LAPOR! di Berbagai Daerah

20200724 Penyerahan Masker 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa dalam acara seremonial penyerahan masker non-medis dari UNDP-KOICA kepada tim LAPOR!, di Jakarta, Jumat (24/07).   JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyalurkan masker non-medis kepada pengelola aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang tersebar di berbagai daerah....

Praja IPDN Diminta Memperkaya Ilmu

20200723 Kuliah Umum Mahasiswa IPDN Angkatan XXVII 3 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo saat memberikan kuliah umum bagi praja utama calon wisudawan IPDN angkatan XXVII, di Jakarta, Kamis (23/07).   JAKARTA – Calon wisudawan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) diminta untuk mempelajari ilmu-ilmu lain di luar materi yang didapat selama masa perkuliahan. Demikian...

Top 45 dan 5 Pemenang Outstanding Achievement Inovasi Pelayanan Publlik 2020 Telah Ditetapkan

20200727 Pengumuman Top 45 KIPP dan 5 Finalis Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat pengumuman Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovations 2020, Senin (27/03).   JAKARTA – Tim Panel Independen telah menetapkan Top 45 inovasi pelayanan publik, serta 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovations...

Menghilangkan Praktik Kolusi dalam Pengadaan Obat dengan Mangan Mendoane Rini

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Hampir seribu orang yang berkunjung setiap harinya ke RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan logistik di rumah sakit, khususnya obat dan alat habis pakai (AHP). Kondisi ini mendorong celah terjadinya kolusi antarpihak dan inefisiensi anggaran dalam pengadaan obat dan AHP. Untuk mengatasi hal ini,...

Gencarkan Pelayanan Publik Di Tanah Kelahiran Kartini

20200723 MPP Jepara 4 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa apresiasi hadirnya MPP Jepara, Jawa Tengah, Kamis (23/07).   JEPARA – Mal Pelayanan Publik (MPP) telah beroperasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sejak April tahun 2020. Hadirnya pusat pelayanan modern di tanah kelahiran R.A Kartini itu...