Kementerian PANRB Gelar Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020

20200814 Kompetisi Lapor 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara peluncuran Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik di Jakarta, Jumat (14/08).   JAKARTA – Untuk ketiga kalinya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menggelar kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Kompetisi ini diselenggarakan bersama Ombudsman RI (ORI) dan Kantor Staf...

Presiden Joko Widodo: Bajak Momentum Krisis Untuk Lompatan Kemajuan

20200814 Presiden RI 1 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Sidang bersama DPR dan DPD RI dalam rangka HUT RI ke-75, Jakarta, Jumat (14/08). Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr   JAKARTA – Sebanyak 215 negara tengah menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. Presiden RI...

Menteri Tjahjo Dorong Birokrasi Bantu Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi

20200813 Pelatihan Kepemimpinan Nasional PKN Tingkat II Angkatan XIV 2 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam Ceramah Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XIV secara virtual, Kamis (13/08).   JAKARTA – Eksistensi peran birokrasi sebagai pilar pembangunan dalam aspek tata kelola internal dan pelayanan publik tengah diuji. Kedua aspek tersebut memiliki kaitan erat dengan sektor ekonomi dan kesehatan sebagai sektor...

Peresmian Satpas SIM Polres Indramayu Dipadu dengan Giat Merawat Kebhinekaan

20200812 Peresmian Satpas SIM Indramayu 1Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara peresmian Satpas SIM Polres Indramayu, di Indramayu, Rabu (12/08).    JAKARTA – Polres Indramayu baru saja meresmikan Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM. Resminya Satpas SIM Polres Indramayu diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan SIM yang optimal, terutama di masa...

Sekolah Tanpa Hambatan ala Sepatu Kita SMPN 1 Arjosari

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Letak SMP Negeri 1 Arjosari Pacitan yang berada di wilayah perbukitan membuat akses transportasi menuju sekolah menjadi sulit. Mayoritas siswa di sekolah tersebut memiliki jarak rumah cukup jauh mencapai lebih dari 10 km. Kondisi ini membuat para siswa sering terlambat bahkan membolos. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, pada tahun...

Berikan Layanan Pengaduan HAM Lewat Gereja dan Tokoh Masyarakat di Papua Barat

Cover KIPP 2020   JAKARTA – Permasalahan hak asasi manusia (HAM) masih sering dijumpai di Papua dan Papua Barat. Menurut Kementerian Hukum dan HAM, permasalahan HAM di sana seringkali diawali dengan terlambatnya atau bahkan tidak adanya respon terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama menyangkut kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Tidak adanya respon ini...

KASN Kawal Pelaksanaan Pengisian Talent Pool ASN

20200812 Rakor Sosialisasi PermenPANRB No. 32020 tentang Manajemen Talenta ASN pada Instansi Daerah Tahap III   JAKARTA – Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi paradigma baru dalam pengelolaan ASN yang menggeser sistem kepegawaian berbasis karier menjadi sistem merit yang instrumennya adalah kinerja, kompetensi, dan kualifikasi. Untuk mengawal regulasi ini, maka UU ASN mengamanatkan Komisi ASN (KASN) sebagai lembaga nonstruktural yang mandiri dan...

Peluk My Darling dengan Mesra untuk Rawat Pasien Kusta

Cover KIPP 2020     JAKARTA – Pasien kusta di wilayah Kabupaten Jepara rata-rata baru mengunjungi rumah sakit setelah mencapai cacat tingkat 2. Hal ini juga dibarengi dengan pasifnya petugas kusta di tingkat puskesmas untuk menemukan kasus baru pasien penderita kusta sehingga penemuan kasus pasien kusta tidak berjalan optimal. Kondisi tersebut membuat RSUD...

Kementerian PANRB Beri Rekomendasi Pemprov Kalbar untuk Optimalisasi Pengaduan Masyarakat

20200813 Review Tindak Lanjut SP4N LAPOR tahun 2020 1 Asisten Deputi bidang Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik M. Imanuddin pada video conference Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! tahun 2020, Kamis (13/08).   JAKARTA – Sebanyak 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat telah terhubung dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). Keterhubungan pemda...

Gandeng Gendong Mengentaskan Kemiskinan Kota Yogyakarta

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020  JAKARTA – Kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masih menjadi isu strategis di Kota Yogyakarta. Faktor yang menjadi penyebab adalah rendahnya daya saing pelaku usaha kecil serta belum ada sinergi keterpaduan antar-program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tahun 2018 Pemerintah Kota Yogyakarta menginisiasi sebuah inovasi program baru, yaitu Gandeng...

Kampung Tersenyum, Sebuah Gerakan Mengolah Limbah Minyak Jelantah

Cover KIPP 2020     JAKARTA – Banyak masyarakat ibu kota yang belum akrab dengan cara mengelola limbah minyak goreng atau minyak jelantah. Selama ini, yang terjadi adalah pembuangan minyak jelantah ke septic tank, saluran drainase, atau bahkan dipakai berulang-ulang yang tentu membawa dampak bagi kesehatan. Menjawab persoalan itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta...

Atur Konsumsi Cairan Pasien Hemodialisa dengan Singa Lahir

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Pasien hemodialisa diharuskan membatasi jumlah cairan yang masuk setiap harinya untuk mengurangi penumpukan, namun seringkali pasien tidak memperhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi setiap harinya. Untuk mengatasi hal ini, RSUD Dr. Moewardi menciptakan Singa Lahir atau Aplikasi Pengaturan Jumlah Cairan. “Singa Lahir dapat membantu pasien untuk menentukan batasan...

RM Papeda Jadi Backbone Sinergisitas Komunikasi Situasi Darurat di Kab. Jayapura

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020    JAKARTA – Inovasi Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai (RM Papeda) dari Kepolisian Resor Jayapura kembali unjuk gigi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020. Sebelumnya, RM Papeda hanya berfokus pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat, seiring perkembangannya RM Papeda juga menjadi backbone sinergisitas komunikasi di saat situasi darurat...