Perkuat Satu Data Internal, Kementerian PANRB Integrasikan Berbagai Aplikasi

20220819 Perkuat Satu Data Internal Kementerian PANRB Integrasikan Berbagai Aplikasi 2Tangkapan layar suasana Forum Satu Data Kementerian PANRB yang digelar secara hibrida, pada Kamis, (18/08).   JAKARTA – Inisiasi Satu Data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus dilakukan percepatan. Saat ini akan dilakukan proses pengintegrasian berbagai aplikasi, layanan, maupun infrastruktur yang ada di lingkungan Kementerian PANRB. Secara...

Sulawesi Selatan Sambut Kehadiran 4 Mal Pelayanan Publik

20220818 MPP Maros 1 Suasana gedung pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kab. Maros.    MAROS – Mal Pelayanan Publik (MPP) akan segera hadir melayani masyarakat di empat wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan. Keempat wilayah tersebut adalah Kabupaten Maros, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Bantaeng, dan Kota Parepare. Peresmian ke-4 MPP ini akan dilakukan secara bersama yang...

Layanan Pengurusan SIM Tutup Rangkaian HUT ke-63 Kementerian PANRB

20220815 Layanan Pengurusan SIM Tutup Rangkaian HUT ke 63 Kementerian PANRBSuasana pelayanan pengurusan SIM di lingkungan Kementerian PANRB, Senin (15/08).   JAKARTA – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-63 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) diakhiri dengan layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kementerian PANRB bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar pelayanan pembuatan dan...

Pahami Tahapan Evaluasi SAKIP dan RB 2022

20220812 Entry Meeting Pemda Wilayah II 2Entry meeting evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2022 untuk Pemerintah Daerah Wilayah II yang digelar secara daring, Kamis (11/08).   JAKARTA – Proses evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) 2022 akan melewati beberapa tahapan. Instansi pemerintah diminta...

HUT ke-77 RI, Mahfud MD Minta ASN Adaptasi dan Adopsi

20220817 PLT MENPAN Upacara Peringatan HUT RI ke 77 11Plt. Menteri PANRB Moh. Mahfud MD saat menjadi Inspektur Upacara pada upacara bendera HUT Republik Indonesia ke-77, di halaman Kantor Kementerian PANRB, Rabu (17/08).   JAKARTA – Plt. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Moh. Mahfud MD meminta aparatur sipil negara (ASN) mampu menghadapi tantangan multidimensi. Sebagai tonggak...

Strategi Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian PANRB

20220812 Strategi Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian PANRBSekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi, di Jakarta, Jumat (12/08).   JAKARTA – Pengendalian gratifikasi di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus ditingkatkan. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada para pejabat maupun pegawai di Kementerian PANRB untuk mewaspadai tindakan gratifikasi yang melanggar hukum...

Urgensi Revitalisasi Web JIPPNas Sebagai Portal 'Knowledge Management System'

20220811 DEP YANLIK Rakor Tindak Lanjut Rencana Pengembangan JIPP Nasional 1Suasana Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rencana Pengembangan JIPP Nasional, di Jakarta, Kamis (11/08).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan revitalisasi pada website Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNas) sebagai portal knowledge management system inovasi pelayanan publik nasional. Dengan dikembangkannya portal tersebut, diharapkan dapat mendorong akselerasi...

Peran Penting DGCC Dalam Perkembangan SPBE di Indonesia

20220816 DEP BALAKS Kick off Meeting DGCC 8 Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati memberikan cinderamata kepada Vice President of Department of Global ICT Cooperation National Information Society Agency Republik Korea Lee Jaeho.   JAKARTA – Transformasi digital di Indonesia harus segera dilakukan, terlebih hal tersebut masuk dalam tiga sektor prioritas Presidensi G20 Indonesia...

Mengupas Paradigma Pelayanan Publik Kontemporer: Masyarakat Tidak Jadi Objek

20220812 Mengupas Paradigma Pelayanan Publik Kontemporer Masyarakat Tidak Jadi ObjekAsdep Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kementerian PANRB Insan Fahmi dalam Bimtek SKM dan FKP lingkup K/L yang digelar secara virtual, Jumat (12/08).  JAKARTA – Selama bertahun-tahun, sistem pelayanan publik di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, hanya menjadikan masyarakat sebagai objek yang tidak diikutsertakan dalam perencanaan dan evaluasi. Namun kini, pemerintah...

Strategi Konkret Kawal Program Bangga Kencana dan Penurunan 'Stunting'

20220811 PLT MENPAN Rapat Reviu Program BKKBN 6Plt. Menteri PANRB Mahfud MD saat menjadi keynote speaker dalam Rapat Reviu Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting T.A 2022 di Kantor BKKBN, Jakarta, Kamis (11/08).  JAKARTA – Diantara beberapa program prioritas nasional yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, penurunan stunting menjadi salah satu program strategis karena terkait...

Langkah Nyata Kesetaraan Gender dalam Birokrasi

20220816 Kelulusan Pelatihan Kepemimpinan Inklusif dan Transformatif 3Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam acara Kelulusan (Graduation Ceremony) Pelatihan Kepemimpinan Inklusif dan Transformatif di Jakarta, Selasa (16/08).   JAKARTA – Sepuluh pegawai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah lulus dalam Pelatihan Kepemimpinan Inklusif dan Transformatif (KIT). Pelatihan tersebut merupakan program kerja sama dengan Program Kemitraan Indonesia...

Wujudkan Nilai BerAKHLAK, Evaluasi Pelayanan Publik Libatkan Instansi Lain

20220812 DEP YANLIK Rapat Kordinasi Evaluator PEKPPP 2Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka Rapat Koordinasi Evaluator PEKPPP   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali akan melaksanakan evaluasi pelayanan publik di tahun 2022. Untuk meningkatkan kualitas dalam proses evaluasi, Kementerian PANRB turut melibatkan kementerian dan lembaga khusus dalam Pemantauan...

FKP dan SKM, Wadah Masyarakat untuk Ikut Serta dalam Perbaikan Pelayanan Publik

20220811 DEP YANLIK 2Suasana kegiatan Bimbingan Teknis Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Forum Konsultasi Publik (FKP) di Lingkup Pemerintah Daerah secara daring di Jakarta, Kamis (11/08).    JAKARTA – Keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah sebuah keharusan. Kritik, saran, dan masukan dari masyarakat bisa disampaikan melalui wadah yang sudah difasilitasi pemerintah setempat,...