Kementerian PANRB Akan Perkuat Dasar Hukum E-Services

20200619 Rapat Evaluasi Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik 4   JAKARTA – Salah satu fokus Gerakan Indonesia Melayani adalah penyempurnaan implementasi sistem pelayanan berbasis elektronik atau e-services. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan memperkuat dasar hukum e-services, sehingga seluruh pelayanan masyarakat, terutama di tingkat daerah, bisa lebih transparan dan optimal. Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB...

Masa Pandemi, Kementerian PANRB Lakukan Penyesuaian Metode Evaluasi Pelayanan Publik

20200619 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi Pelayanan Publik Lingkup Pemerintah Daerah Wilayah I Tahun 2020 1   JAKARTA – Evaluasi pelayanan publik yang setiap tahun dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) harus dilakukan penyesuaian karena berada di tengah pandemi. Jika sebelumnya evaluasi disertai dengan verifikasi lapangan, kini pelaksanaannya akan dilakukan dengan metode desk evaluation. "Dengan memperhatikan perkembangan pandemi, metode evaluasi yang mungkin...

Aceh Berbenah Perbaiki Informasi Pelayanan Publik

20200618 Aceh Berbenah Perbaiki Informasi Pelayanan Publik 3   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus mendorong keterbukaan informasi terutama terkait dengan pelayanan publik. Dalam monitoring dan evalusi terkait pemanfaatan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) Provinsi Aceh, ditekankan beberapa permasalahan utama dalam layanan yang diterima masyarakat. Dari permasalahan tersebut, Provinsi Aceh diminta terus...

Politeknik Siber dan Sandi Negara Buka 3 Program Studi

20200618 Politeknik Siber dan Sandi Negara Buka 3 Program Studi   JAKARTA – Salah satu sekolah kedinasan yang juga turut membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) adalah Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) yang berada dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pada penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2020/2021 ini, Poltek SSN membuka tiga program studi yang dapat...

Jadi Sekolah Kedinasan Terfavorit, IPDN Buka 1.200 Formasi

20200619 IPDN 1   JAKARTA – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menjadi sekolah terfavorit dengan jumlah pelamar terbanyak. Per Kamis (18/06), jumlah pendaftar mencapai 28.758 pelamar. Dalam Surat Pengumuman No.: 810/684/IPDN, sebanyak 1.200 formasi dibuka untuk 34 provinsi di Indonesia. Para pelamar yang berminat menjadi praja diharuskan memenuhi beberapa persyaratan, seperti warga negara Indonesia...

Hadapi Tatanan Normal Baru, Mal Pelayanan Publik Terapkan Layanan Aman Covid-19

20200618 Layanan MPP Aman Covid19 3Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam video conference terkait progres pembentukan MPP dan kondisi pelayanan publik menuju tatanan normal baru, Kamis (18/06).   JAKARTA – Memasuki tatanan normal baru, penyesuaian harus dilakukan di seluruh sektor, termasuk pada pelayanan publik. Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sedang dalam penyempurnaan...

Sekolah Tinggi Intelijen Negara Kembali Buka Penerimaan Taruna Baru

20200618 Sekolah Tinggi Intelijen Negara Kembali Buka Penerimaan Taruna Baru   JAKARTA – Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Di tahun 2020, STIN kembali membuka pendaftaran penerimaan calon taruna/taruni (catar) baru bagi lulusan SMA/SMK/MA terbaik di seluruh Indonesia. Sama seperti di tahun 2019, STIN membuka kuota sebanyak 250 orang...

Kementerian PANRB Umumkan Top 99 dan 15 Finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

20200618 Top 99 KIPP 2020 1   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Tim Panel Independen telah mengumumkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 Finalis Kelompok Khusus pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020. Seluruh inovasi terpilih tersebut dihasilkan melalui penilaian proposal oleh Tim Evaluasi yang selanjutnya dilakukan FGD Penentuan...

Pengelola Pengaduan Harus Berorientasi Pada Kebutuhan Masyarakat

20200618 Pengelola Pengaduan Harus Berorientasi Pada Kebutuhan Masyarakat 1   JAKARTA – Peran dan kualitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap pemerintah daerah perlu ditingkatkan. Terlebih selama pandemi Covid-19, banyak pengaduan masyarakat yang masuk melalui PPID. Peningkatan kualitas pengaduan masyarakat harus sejalan dengan kebutuhan masyarakat. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)...

Mal Pelayanan Publik Akan Diperkuat dengan Peraturan Presiden

20200618 Mal Pelayanan Publik Akan Diperkuat dengan Peraturan Presiden 2   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian Pelayanan Publik berencana memperkuat penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP). Penyelenggaraan MPP didaerah akan diperkuat dengan Peraturan Presiden (Perpres). Ini menjadi upaya pemerintah memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, serta memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat...

SDM yang Mumpuni Diperlukan dalam Mal Pelayanan Publik

20200618 SDM yang Mumpuni Diperlukan dalam Mal Pelayanan Publik 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat memberikan arahan dalam Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan MPP yang dilakukan secara virtual, Rabu (17/06).   JAKARTA – Pelayanan yang profesional menjadi keharusan dalam Mal Pelayanan Publik (MPP). Salah satu kunci mewujudkannya adalah dengan SDM yang memadai dan kompeten. Ini diharapkan akan memberikan...

Kementerian PANRB Persiapkan Evaluasi SPBE

20200618 Bimtek Evaluasi SPBE 1 Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintahan dan Penerapan SPBE Kementerian PANRB Imam Machdi dalam kegiatan Bimbingan Teknis bagi Evaluator Eksternal pada Evaluasi SPBE 2020 secara daring, Rabu (17/06).   JAKARTA - Evaluasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) akan kembali dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan...

Siapakah Top 99 dan 15 Finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik?

20200617 Tim Panel Independen Telah Tentukan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam FGD Penentuan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 Finalis Kelompok Khusus, pada Rabu (17/06).   JAKARTA – Tim Panel Independen (TPI) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020 telah berdiskusi menentukan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 finalis Kelompok Khusus....