Kota Surakarta di era kepemimpinan Walikota Jokowi, memang lebih dikenal dunia dengan kebijakan relokasi pedagang kaki lima (PKL). Namun sebenarnya ada inovasi lain yang menjadi rujukan pengambilan kebijakan di tingkat nasional, yakni modernisasi pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang dimulai pada tahun 2008.
Inovasi yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan...
Untuk mempermudah pelayanan KTP, Pemkab Kudus menjadikan Desa/Kelurahan sebagai basis pelayanan, sehingga lebih dekat dengan tempat tinggal masyarakat. Sejak taun 2008, 129 Desa dan 9 Kelurahan mampu memberikan pelayanan cepat. Prosesnya hanya 4 – 5 menit, mudah, dan gratis, sehingga meminimalisir terjadinya KTP ganda. Kesadaran masyarakat untuk memiliki KTP...
Media Center Pemerintah Kota Surabaya adalah sistem pelayanan terintegrasi bagi masyarakat Surabaya yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan kota. Bentuk partisipasi masyarakat bisa berupa keluhan, saran dan masukan. Melalui Media Center pula,masyarakat bisa turut mengawasi kinerja pemerintah daerah, mengetahui tahapan dan capaian pembangunan. lnformasi atau saran dari masyarakat yang masuk...
Inovasi di Kantor Pertanahan Jakarta Barat terletak pada upaya serius mengubah citra tentang birokrasi administrasi pengurusan tanah, yang sudah puluhan tahun terbentuk, seram dan rumit. Dengan komitmen kuat pimpinan yang dibarengi dengan perubahan mindset (cara berfikir) terutama di lingkungan internal BPN untuk memberikan pelayanan terbaik, maka hal yang selama ini dipandang...
Kampung Media menjadi salah satu inovasi yang masuk ke dalam Top 9 Inovasi pelayanan Publik 2014. Sebelumnya, inovasi dari Nusa Tenggara Barat ini juga meraih penghargaan Universal Sevice Obligation (USO) Award dari Menkominfo RI, serta menjadi materi pengembangan local content media oleh The Australia Indonesia Partnership For Decentralisation (AIPD)...