Menggunakan Model 'Triple Helix' dalam Penanganan Pandemi

20200924 Talkshow Ruang Publik 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, saat menjadi narasumber pada Talk Show Ruang Publik yang diselenggarakan Kantor Berita Radio (KBR), Kamis (24/09).   JAKARTA – Penanganan pandemi Covid-19 memerlukan kolaborasi dari seluruh sektor, termasuk masyarakat. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), menerapkan...

Kementerian PANRB Buka Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

20200924 Pengumuman Seleksi JPT Pratama   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka kesempatan bagi para pegawai negeri sipil (PNS) yang memenuhi syarat untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama melalui seleksi terbuka. Pada seleksi kali ini, terdapat enam jabatan yang dibuka di Kementerian PANRB. Keenam jabatan tersebut antara lain Asisten...

Kementerian PANRB Kembali Raih Opini WTP

20200922 Raker Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 2 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2019, secara virtual, Selasa (22/09).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dari Kementerian Keuangan. Perolehan tahun 2019 disampaikan oleh Menteri...

JF Sandiman, ‘Prajurit’ Pelindung Data Pemerintah dari Ancaman Siber

20200918 JF Sandiman Prajurit Pelindung Data Pemerintah dari Ancaman Siber 1   JAKARTA – Keamanan informasi dan keamanan siber menjadi sebuah keniscayaan di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi di berbagai bidang, termasuk di lingkup instansi pemerintah. Berbagai ancaman serangan siber menghantui keamanan data dan informasi pemerintah maupun masyarakat di era digital yang serba cepat dan terbuka seperti sekarang ini. Di sinilah...

Melihat Pesona KEK Likupang, Destinasi Super Prioritas di Minahasa Utara

20200923 Meninjau KEK Likupang Minahasa Utara 3 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa (kedua dari kanan) saat tinjauan ke KEK Likupang, Sulawesi Utara, Rabu (23/09).   MINAHASA UTARA – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Minahasa Utara, menjadi salah satu destinasi super prioritas. Dengan luas area 197,4 hektare, KEK Likupang...

Bangun Simpul Koordinasi untuk Optimalisasi Sistem Pengaduan Pelayanan Publik

20200922 Bangun Simpul Koordinasi untuk Optimalisasi Sistem Pengaduan Pelayanan Publik 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Sosialisasi Roadmap SP4N 2020-2024 secara virtual, Selasa (22/09).   JAKARTA – Konektivitas antar instansi pemerintah adalah salah satu aspek penting dalam penguatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) kedepan. Penguatan konektivitas dilakukan dengan membangun simpul (hub) koordinasi pengelolaan pengaduan. “Kita...

Antusiasme Peserta SKB CPNS 2019 Saat Wawancara Virtual

20200918 Wawancara CPNS 2019 Kementerian PANRB 9Proses wawancara peserta SKB CPNS Kementerian PANRB T.A 2019 secara virtual, di Jakarta, Jumat (18/09).   JAKARTA – Tahapan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS T.A 2019 di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memasuki tahap wawancara. Untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19, wawancara dengan pimpinan unit...

Sulut dan Sultra Didorong Tindaklanjuti Pengaduan Layanan Masyarakat

20200923 Review LAPOR Sulut dan Sultra 1   JAKARTA – Hasil evaluasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-LAPOR! Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara telah disampaikan. Dari seluruh laporan yang masuk, sebanyak 174 laporan dari Provinsi Sulawesi Utara dan 119 dari Provinsi Sulawesi Tenggara berstatus belum ditindaklanjuti. Untuk itu, instansi pemerintah setempat diminta untuk meningkatkan kinerjanya...

Kementerian PANRB Dorong Kantor Imigrasi Palembang Jadi Layanan Ramah Kaum Rentan

20200919 Imigrasi Sumsel 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat berkunjung ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatra Selatan, beberapa waktu lalu.   JAKARTA – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatra Selatan didorong menjadi percontohan unit pelayanan ramah kelompok rentan. Sejumlah rekomendasi diberikan oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian...

Hasil Evaluasi Pengelolaan LAPOR! Kepri dan Jambi, Hanya Satu Pemkot Belum Miliki SK

20200917 Lapor Kepri dan JAmbi 1 Asisten Deputi bidang Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB, M. Imanuddin, pada Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! tahun 2020 Provinsi Jambi dan Kepulauan Riau, secara virtual, Kamis (17/09).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-LAPOR! kepada Pemerintah...

Gerai Pelayanan Publik, Cikal Bakal Berdirinya MPP Kota Manado

20200922 Meninjau Pembangunan MPP Manado 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa bersama Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat saat meninjau pembangunan gedung MPP Kota Manado, Selasa (22/09).   MANADO – Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Manado, Sulawesi Utara, sudah masuk tahap pembangunan. Targetnya, triwulan pertama 2021, pembangunan MPP Kota Manado sudah...

Widyaiswara Dituntut Adaptif dengan Perubahan

20200919 Widyaiswara Dituntut Adaptif dengan Perubahan 1 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat menjadi pembicara dalam Acara Penutupan Kongres Nasional ke-VII Ikatan Widyaiswara Indonesia yang dilakukan secara daring, Sabtu (19/09).   JAKARTA – Widyaiswara dituntut untuk mampu beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan zaman yang terjadi. Pasalnya, Widyaiswara berperan penting dalam mengembangkan kompetensi ASN sehingga mereka harus mampu...

Pendataan Perumahan Akurat dan Mutakhir dengan Rumahku SIP

Cover BERITA KHUSUS Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020   JAKARTA – Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan lemahnya penegakan aturan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, menyebabkan minimnya hunian terdata dalam database pemerintah. Padahal data tersebut adalah primary key bagi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Gresik dalam menentukan sejumlah kebijakan terkait tata ruang....