UNDP dan KOICA Perkuat Aplikasi LAPOR!

20190903 Rapat Penguatan SPAN LAPOR 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa (tengah) dalam rapat kerjasama penguatan SP4N-LAPOR!, di Jakarta, Selasa (03/09).   JAKARTA - Fungsi aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) terus diperkuat. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan Korea International Cooperation Agency...

BREXIT Permudah Akses Kesehatan Disabilitas Netra Kota Malang

20190808 Cover Berita KIPP   JAKARTA – Dalam mengakses pelayanan kesehatan, seringkali pasien penyandang disabilitas netra memiliki ketergantungan dengan orang lain. Mereka juga terkendala saat akan minum obat karena kebingungan untuk membedakan obat. Namun dengan adanya Inovasi Braille E-ticket and Extraordinary Access for Visual Dissabilities (BREXIT), pasien penyandang disabilitas netra di Puskesmas Janti Kota...

Paseso, ‘Nikahkan’ Desa untuk Saling Melindungi dari Ancaman Letusan Gunung Merapi

cover kipp 2019   JAKARTA – Di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ada kebiasaan suatu desa harus melamar ke desa penyangga, agar bisa saling melindungi jika terjadi bencana letusan Gunung Merapi. Seperti melamar pengantin, lamaran itu bisa diterima, ditolak, sudah diterima namun gagal menjadi pasangan pengantin desa. Konsep unik ini merupakan bagian dari inovasi...

Perbaikan Pelayanan Tiada Henti dari Rumah Sakit Rasa Toyota

20190808 Cover Berita KIPP   JAKARTA - Berangkat dari permasalahan kepuasan pelanggan yang belum mencapai target, RSUD KRT Setjonegoro Kabupaten Wonosobo membuat inovasi bernama Rumah Sakit Rasa Toyota. Inovasi ini adalah wadah bagi unit kerja untuk melakukan inovasi, yang nilai-nilainya mengadopsi dari perusahaan Kalbe Coorporate dan perusahaan otomotif Toyota. Dimulai sejak tahun 2017, beragam...

Perizinan Online Semakin Ringkas dan Ekonomis dengan SAKPORE

cover kipp 2019   JAKARTA – Memasuki era revolusi industri 4.0, peran jaringan internet tak lagi untuk memenuhi informasi, komunikasi, dan platform belanja. Kini, sektor pemerintahan memanfaatkan digitalisasi sistem itu untuk pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. Sebuah inovasi layanan berbasis online datang dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)...

Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Standar Pelayanan

20190902 Diseminasi Kebijakan Pelayanan Publik 1 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka kegiatan Diseminasi Kebijakan Pelayanan Publik, di Yogyakarta, Senin (02/09).   JAKARTA – Lahirnya undang-undang pelayanan publik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat mewujudkan batasan yang jelas tentang tanggung jawab dan kewajiban bagi seluruh penyelenggara layanan publik. Meskipun diterapkan sesuai dengan peraturan, pelayanan...

Inovasi Posko Paman, Tekan Angka Penyakit Diare di Kota Mojokerto

20190808 Cover Berita KIPP   JAKARTA – Pada tahun 2018, kasus penyakit diare di Kota Mojokerto, Jawa Timur turun ke angka 665 kasus dari 827 kasus pada tahun 2015. Pemerintah Kota Mojokerto mampu menurunkan angka penyakit diare melalui inovasi Program Oke Singkirkan Kesakitan Diare dengan Observasi Pangan Aman, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Air...

Ambon City of Music, Suara dari Timur Pembangun Ekonomi

cover kipp 2019   JAKARTA – Kota Ambon, Maluku, adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki predikat City of Music. Bahkan berdasarkan Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) yang dilaksanakan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI tahun 2017, Ambon memiliki sekitar 5.300 pelaku kreatif di sektor musik, 120 komunitas, lima pengusaha, dan 150 akademisi....

Menteri PANRB Dorong DWP Kembangkan Organisasi yang Multifungsi

20190903 Menteri DWP 1 Menteri PANRB Syafruddin saat membuka acara Seminar Nasional Dharma Wanita Persatuan di Kantor Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (03/09).   JAKARTA - Peran wanita yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) menjadi bukti aktualisasi partisipasi wanita yang hadir untuk melayani masyarakat dan negara. Sebagai istri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota...

SiHebat, Aplikasi Percepatan Proses Evaluasi Jabatan

20190830 Coaching Clinic 11 Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Hari Tua SDM Aparatur Kementerian PANRB Diah Faras dalam acara Coaching Clinic Tindak Lanjut Evaluasi Jabatan di Jakarta, Jumat (30/08).   JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) saat ini tengah mengejar percepatan evaluasi jabatan dari pemerintah daerah. Melalui aplikasi...

Akselerasi Peningkatan Pelayanan Publik melalui Diseminasi

20190903 Diseminasi Kebijakan Pelayanan Publik ke 2 3 Kepala Subbidang Perencanaan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Desianto Haryoso saat kegiatan Diseminasi Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB hari kedua, di Yogyakarta, Selasa (03/09).   JAKARTA - Diseminasi Kebijakan Pelayanan Publik menjadi sarana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjalankan perannya sekaligus melakukan pendampingan implementasi kebijakan...

Kader Jiwa, Penjaga Kesehatan Jiwa Masyarakat Kota Padang

20190808 Cover Berita KIPP   JAKARTA – Masyarakat Kota Padang, Sumatra Barat, masih banyak beranggapan bahwa orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) adalah aib dan tidak bisa disembuhkan. Kepatuhan pasien untuk meminum obat secara rutin juga masih tergolong rendah. Untuk itu, Pemkot Padang melalui Puskesmas Nanggalo merekrut kader jiwa, yang bertugas mendeteksi dan memetakan kondisi...

Semangat Milenial untuk Porseni Kementerian PANRB

20190830 Semangat Milenial untuk Porseni Kementerian PANRB 1 Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih dalam kegiatan Porseni tahun 2019 di Kementerian PANRB, Jumat (30/08).   JAKARTA – Kemeriahan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tahun 2019 di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tak lepas dari peran Calon Pegawai Negeri Sipil...