Melihat 'Wajah' Pelayanan Indonesia di KBRI Kopenhagen

20191118 Kunjungan ke KBRI Copenhagen 1 Kunjungan Kementerian PANRB melalui Kedeputian bidang Pelayanan Publik ke Kedutaan Besar RI untuk Kerajaan Denmark, di Kopenhagen, Denmark, Jumat (15/11).   COPENHAGEN - Perbaikan pelayanan publik tak hanya menggema di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Salah satunya adalah Kedutaan Besar RI untuk Kerajaan Denmark. KBRI yang terletak Kopenhagen itu telah...

Langkah Strategis Penyederhanaan Birokrasi

SE384 Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 384 Tahun 2019 tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi.   JAKARTA – Untuk percepatan penyederhanaan birokrasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong seluruh pimpinan instansi pemerintah untuk melaksanakan langkah-langkah strategis dan konkret. Terdapat sembilan langkah yang harus segera dilakukan sebelum...

Reformasi Birokrasi: Perbaikan Tanpa Batas untuk Jawab Kebutuhan Masyarakat

20191113 IAPA Hari ke 2 1 Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini saat menjadi pembicara pada The 2019 Annual Conference of the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) di Kab. Badung, Bali, Selasa (12/11).   BADUNG – Selama satu dekade terakhir, implementasi reformasi birokrasi di Indonesia berkembang pesat. Reformasi birokrasi menjadi salah...

Sebuah Upaya Akselerasi Reformasi Birokrasi

20191111 Annual IAPA Conference Director General of IIAS Sofiane Sahraoui saat menghadiri acara Annual Conference of the Indonesian Association of Public Administration (IAPA) 2019 di Kabupaten Badung, Bali, Senin (11/11). BADUNG – Pemerintah Indonesia banyak mendapatkan dukungan dalam akselerasi pelaksanaan reformasi birokrasi. Bahkan, Director General of International Institute of Administrative Sciences (IIAS) Sofiane Sahraoui menyampaikan...

Upaya Monitoring dan Evaluasi SIPP dan SP4N-LAPOR!

20191115 Evaluasi SIPP 8 Sekretaris Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Devi Anantha saat membuka acara Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SIPP dan SP4N–Lapor! se-Sumatra, di Jakarta, Jumat (15/11).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memantapkan kebijakan strategis terkait pelayanan publik digital dan terpadu. Kebijakan itu mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait...

Pemerintah Tetapkan Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Tes CPNS

20191113 Ilustrasi CPNS 2 Ilustrasi Pelaksanaan Seleksi CPNS    JAKARTA – Kesempatan untuk mengabdi kepada negara telah dibuka Pemerintah melalui rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Salah satu tahapan penting yang harus dilalui pelamar adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan diberlakukan nilai...

Pornas Korpri XV, Momentum ASN Berlari Cepat untuk Berinovasi

20191111 Pornas XV Korpri 3 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, saat membuka Pornas Korpri XV tahun 2019, di Pangkalpinang, Senin (11/11).   PANGKALPINANG - Korps Republik Indonesia (Korpri) menggelar Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) Korpri ke-XV. Dengan ajang ini, Korpri diajak untuk berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi, berinovasi, dan menghilangkan praktik korupsi. Hal tersebut...

Tongkat Estafet Penasihat DWP Kementerian PANRB Diserahkan kepada dr. Erni Tjahjo Kumolo

20191113 Pisah Sambut DWP 2 dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam acara pisah sambut penasihat Kementerian PANRB, di Jakarta, Kamis (14/11).   JAKARTA – Masa bakti Ny. Mulyani Syafruddin sebagai penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah usai. Kini, tongkat estafet penasihat DWP Kementerian PANRB dipegang oleh istri dari...

Mengawal Reformasi Birokrasi dengan Teknologi Informasi

20191112 Practitioners Panel Bureaucracy 4.0 4 Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menjadi pembicara dalam Annual Conference of the IAPA 2019 di Kab. Badung, Bali, Selasa (12/11).   BADUNG – Kemajuan reformasi birokrasi di Indonesia kian tampak setiap tahunnya, salah satu faktor yang mendorong percepatan ini adalah teknologi informasi. Teknologi informasi memungkinkan adanya transparansi...

Peringatan Hari Pahlawan Momentum Kebangkitan Semangat Berinovasi

20191111 Upacara Hari Pahlawan 12 Kepala Biro Sumber Daya dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Pahlawan ke-74, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (11/11).   JAKARTA – Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November dapat dijadikan momentum kebangkitan semangat dalam berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan...

Menteri Tjahjo: Permudah Pelayanan dan Perizinan Melalui Perampingan Organisasi

20191113 Rakornas dan Forkopimda 1 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat menjadi pembicara pada acara Rakornas Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).   BOGOR - Sebagai wujud implementasi visi misi Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo...

Tangani Radikalisme ASN, Pemerintah Bentuk Taskforce dan Portal Aduan ASN

20191112 Launching Portal ASN 12 Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate didampingi Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja dalam acara Launching Portal Aduan ASN dan Penandatanganan SKB Penanganan Radikalisme ASN di Jakarta, Selasa (12/11).   JAKARTA – Maraknya isu radikalisme utamanya di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) membuat pemerintah tak bisa tinggal diam. Pemerintah menunjukkan keseriusannya...

Transformasi Birokrasi Libatkan Teknologi Komunikasi dan Informasi

20191111 Annual IAPA Conference 2 Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji saat membuka Annual Conference of the Indonesian Association of Public Administration (IAPA) 2019 di Kab. Badung, Bali, Senin (11/11).   BADUNG - Pelayanan publik dituntut untuk cepat, tepat, dan efisien mengikuti perkembangan zaman. Keinginan masyarakat untuk mendapat pelayanan prima harus direspon pemerintah dengan melakukan...