Jabar Peringkat 3 Kinerja Pelayanan Publik 2012

ahmadheryawanJAKARTA –  Provinsi Jawa Barat berhasil menyabet peringkat ke-3 peringkat kinerja pelayanan publik tahun 2012, setingkat di bawah Provinsi Jawa Tengah. Posisi itu mendorong Ahmad Heryawan yang terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat periode kedua kalinya untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.   Dua sektor akan menjadi prioritas, yakni kesehatan dan pendidikan, selain...

Penyerahan LAKIP Bukan Sekedar Seremonial Belaka

penyerahanlakippemprovriau JAKARTA – Untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mewajibkan Kementerian dan Lembaga pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah menyerahkan hasil LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah). Demi tercapainya pemerintah daerah yang berintegritas dan disiplin, Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota Riau berinisiatif menyerahkan LAKIP...

Seluruh K/L Harus Mulai Terapkan Penetapan Kinerja

wamenekoprasojo   JAKARTA – Mulai Januari 2014 pemerintah akan menerapkan penilaian prestasi kinerja pegawai negeri sipil (PNS) berdasarkan PP Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai. Karena itu, seluruh kementerian/lembaga (K/L) yang telah melaksanakan reformasi birokrasi diharuskan melakukan uji coba pada tahun ini, sehingga pada tahun 2014 semua sasaran kerja pegawai (SKP) sudah berjalan...

Kementerian PANRB Lakukan Pemeringkatan Pelayanan Publik Daerah.

RRIdiMediaCenter Jakarta –  Peningkatan kinerja pelayanan publik merupakan salah satu sasaran dari reformasi birokrasi. Untuk mendorong kearah tersebut Kementerian PANRB pemberian penghargaan dan pemeringkatan kinerja Pemerintah Daerah yang berkinerja terbaik sampai terburuk. Wacana tersebut dibahas dalam dialog interaktif,  Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi...

Terapkan ISO Terintegrasi, Kabupaten Pakpak Bharat Jadi Percontohan Nasional

kabupatenpakpakbharat MEDAN – Kabupaten Pakpak Bharat terus bekerja keras untuk mengejar penerapan manajemen mutu ISO 9001 : 2008 di 9 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) secara bersamaan. Langkah ini merupakan lompatan besar dari sebuah kabupaten pemekaran di Sumatera Utara ini, karena selama ini penerapan ISO dilakukan secara parsial, oleh masing-masing SKPD....

Pelayanan Publik Jatim dan Jateng Terbaik 2012

anugrah pelayanan publik JAKARTA – Provinsi Jawa Timur kembali berjaya dengan menempati peringkat pertama  dalam kinerja pelayanan publik. Sedangkan posisi kedua ditempati Provinsi Jawa Tengah dari seluruh 33 provinsi yang dinilai. Kedua Pemerintah Provinsi tersebut  memperoleh nilai B, dan diberikan penghargaan berupa thropy. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi...

Penghargaan Kinerja Pelayanan Publik untuk 10 Provinsi Terbaik

perizinandijogja JAKARTA – Tanggal 28 Maret 2013 menjadi hari yang bersejarah, khususnya bagi 10 pemerintah provinsi peringkat teratas dalam kinerja pelayanan publik. Pertama kali dalam sejarah Republik, Pemerintah melakukan pemeringkatan kinerja pelayanan publik. Dua pemprov peringkat teratas mendapat penghargaan berupa piala, sedangkan 8 pemprov lainnya memperoleh piagam penghargaan. Penghargaan tersebut merupakan...

Kementerian PANRB Susun Master Plan E-Gov

deputitatalaksana JAKARTA - Kementerian PANRB tengah menyusun master plan e-Gov pengembangan tatalaksana pelayanan publik yang lebih baik. Hal ini dilakukan untuk mengintegrasikan system teknologi informasi yang telah berkembang di seluruh kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah.   Demikian dikatakan oleh Deputi Tatalaksana Kementerian PANRB Dedy S. Bratakusumah kepada wartawan di Media Center Kementerian PANRB Jakarta, kemarin....

Sleman dan Sukabumi Terbaik Akuntabilitas Kinerja 2012

bupati sleman JAKARTA - Kabupaten   Sleman berhasil naik kelas dan meraih nilai B, mendampingi Kota Sukabumi yang berhasil memeprtahankan nilainya dalam penilaian akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kabupaten/kota tahun 2012. Bupati Sleman dan Walikota Sukabumi menerima penghargaan berupa piala/thropy dari Menteri PANRB Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (28/03). Menteri mengatakan, akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten/kota...

ASIK… Yang Baru Dari Kementerian PANRB

otokkuswandaru Jakarta -Era Teknologi Informasi adalah saat dimana individu tidak perlu bertemu individu lainnya secara tatap muka, Kemajuan seperti itu kita manfaatkan untuk meningkatkan kinerja organisasi sekaligus mempersempat peluang penyelewengan yang terjadi di lingkungan Kementerian/Lembaga. Kementerian PANRB memperkenalkan “ASIK” adalah Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi...

SKP Dasar Pemberian Remunerasi PNS

sesmenpanrb   JAKARTA – Salah satu hal paling mendasar dalam penilaian kinerja pegawai dalam PP No. 46/2011 adalah, adanya sasaran kerja pegawai (SKP) yang menjadi dasar pemberian remunerasi pegawai.   Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto mengatakan, penilaian kinerja pegawai berdasarkan PP 46 tahun 2011 terdiri dari dua unsur, yaitu sasaran kerja pegawai (SKP)...

Lampung Canangkan Zona Integritas

20130328 lampung LAMPUNG - Seluruh pimpinan pemerintah se  Provinsi Lampung berkomitmen untuk membangun zona integritas dalam penyelenggaraan pemerintahan, untuk mewujudkan tata kelola pemeirntahan yang baik dan bebas dari korupsi. Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh Gubernur Lampung Sjacroedin ZP, yang diikuti oleh 14 Bupati/Walikota se Provinsi Lampung, Rabu (27/03). Penandatanganan...

Kementerian PAN dan RB Terapkan Whistle Blowing System

reformcorner Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  menyelenggarakan forum Reform Corner, untuk membahas Sistem Penanganan Pengaduan (Whistle Blowing System) Tindak Pidana Korupsi (TPK), dan Sistem Informasi Kepegawaian di lingkungan Kementerian PANRB, yang dilaksanakan Selasa (26/03), Dalam  bahasannya tentang system pengaduan, Inspektur Kementerin PANRB M. Yusuf Ateh mengatakan pengaduan...