Indeks Kinerja OBH, Pastikan Bantuan Hukum bagi Orang Miskin Tidak Asal-asalan

20180808 Lipsus Top 99   JAKARTA – Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN)  terus melakukan peningkatan kualitas layanan bantuan hukum terutama bagi rakyat kurang mampu yang mempunyai masalah hukum pidana maupun perdata. Untuk memastikan layanan bantuan hukum tidak diberikan secara asal-asalan, kualitas Organisasi Bantuan Hukum (OBH) diperbaiki dengan indeks kinerja dan melakukan akreditasi ulang OBH....

Diklat Kementerian PANRB, untuk Membangun Soliditas Tim

20180809 kabag keuangan tutup diklat leadership Kepala Bagian Keuangan Kementerian PANRB Akik Dwi Suhartono Rudolfus (tengah) menyerahkan cinderamata kepada instruktur Diklat Leadership  di Jakarta, Kamis (09/08).   JAKARTA - Setelah dilaksanakan selama 4 hari (06 – 09) Agustus 2018, pendidikan dan pelatihan (Diklat) Leadership and People Management untuk para pegawai eselon III dan IV di Kementerian PANRB,...

Monitoring Dumas Setneg Hadir, Rakyat Berterimakasih kepada Presiden

20180808 Lipsus Top 99   JAKARTA – Penanganan pengaduan masyarakat (Dumas) di Kementerian Sekretariat Negara merupakan salah satu simpul yang mendapat perhatian khusus. Betapa tidak, kalau pengaduan yang disampaikan kepada Presiden dan/atau Menteri Sekretaris Negara tidak ditangani dengan baik, bukan mustahil akan menimbulkan pertanyaan dari masyarakat, khususnya yang menyampaikan pengaduan. Bukan mustahil, kalau dibiarkan,...

Standar Pelayanan Publik untuk Beri Kepastian Masyarakat

20180806 kunjungan mhs Unhas Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III-1 Kedeputian Pelayanan Publik Fahrul Rizal saat memberikan penjelasan kepada mahasiswa Universitas Hasanudin Makassar jurusan Hukum Administrasi Negara di Kantor Kementerian PANRB, Senin (06/08).   JAKARTA – Standar pelayanan publik harus dimiliki setiap penyelenggara pelayanan publik. Hal ini dilakukan untuk...

SIMonev Perkuat Pengendalian Anggaran Kementerian Ristek Dikti  

20180808 Lipsus Top 99   JAKARTA – Selain inovasi yang dikembangkan Universitas Indonesia,  Kementerian Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) juga meloloskan inovasi lain dalam  Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018. Inovasi tersebut diberi nama SIMonev Program, Kegiatan, dan Anggaran, yang digunakan oleh pimpinan Kemenristek Dikti untuk monitoring dan  evaluasi secara efisien dan...

Laporan Khusus TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018

20180808 Lipsus Top 99   JAKARTA - Salah satu upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, sejak tahun 2014 pemerintah mengeluarkan kebijakan ‘One Agency One Innovation’ yang mengharuskan seluruh instansi pemerintah membuat minimal satu inovasi setiap tahun. Kebijakan itu didukung dengan penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), dengan maksud inovasi yang baik dapat direplikasi oleh...

Kementerian PANRB Gelar Diklat Leadership and People Management

20180806 karo SDMU3 Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum (SDMU) Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat membuka Diklat  Leadership and People Management di Jakarta, Senin (06/08)   JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengadakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Leadership and People Management untuk para pegawai eselon III dan IV. Diklat ini...

Pembelajaran Jarak Jauh, Inovasi dari UI  untuk Atasi Masalah Distribusi Pendidikan

20180808 Lipsus Top 99   JAKARTA - Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan Universitas Indonesia (UI) sebagai upaya Memperluas Jangkauan Pendidikan Berkualitas merupakan salah satu inovasi yang berhasil masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publk 2018. Inovasi ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah distribusi pendidikan di Indonesia, dengan memberikan pendidikan berkualitas bagi semua kalangan, tanpa terbatas ruang...

Jam Istirahat, Imigrasi Tanjung Perak Diminta Tetap Buka

20180807 diah imograsi tgperak Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa (kanan) berbincang-bioncang dengan salah seorang warga yang tengah menunggu pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (07/08).   SURABAYA –  Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mengingatkan agar Kantor Imigrasi Tanjung Perak terus meningkatkan...

Pertama di Indonesia, Penegakan Hukum Terintegrasi secara Elektronik

20180806 kunker jatim situbondo kejari1  Menteri PANRB Asman Abnur bersama Bupati Situbondo dan sejumlah pejabat penegakan hukum di wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menekan tombol sebagai tanda peresmian sistem penegakan hukum terintegrasi  secara elektronik di Situbondo, Senin (06/08).   SITUBONDO – Pertama kali dalam sejarah penegakan hukum  di tanah air, empat lembaga penegak hukum di...

Menyulap Hutan Kota Kemayoran Menjadi RTH Berkelanjutan

20180808 Lipsus Top 99   JAKARTA – Selain Monitoring Pengaduan Masyarakat, ada satu lagi inovasi dari Kementerian Sekretariat Negara yang berhasil masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018. Inovasi dimaksud dinamakan Three Wonderful Journey Hutan Kota Kemayoran. Dengan inovasi ini, kini hutan kota  seluas 12 Ha ini menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) berkelanjutan, sebagai...

Integrasi Penanganan Perkara di Situbondo Jangan Sebatas MoU

20180806 kunker jatim situbondo kejari Menteri Asman menyaksikan penandatanganan MoU empat lembaga penegak hukum di Situbondo, Jawa Timur, Senin (06/08)   SITUBONDO – Terobosan besar yang dilakukan empat lembaga penegak hukum di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, jangan berhenti di atas kertas MoU semata, namun harus diimplementasikan dengan karya nyata. Dengan demikian apa yang dilakukan oleh...

Mal Pelayanan Publik, Wujud Nyata Gerakan Indonesia Melayani

20180806 kunker jatim banyuwangi5 Menteri Asman berbincang-bincang dengan petugas MPP Banyuwangi.   BANYUWANGI – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendorong pemerintah daerah untuk membangun Mal Pelayanan Publik (MPP). Dengan adanya MPP, masyarakat tidak sekadar mendapatkan pelayanan yang lebih nyaman dan terpuaskan. Hal ini merupakan salah satu wujud nyata  Gerakan Indonesia Melayani....