Hoerudin, ASN Pengubah Limbah Jadi Rupiah

hoerudin 1 Peraih penghargaan kategori PNS Inspiratif dalam ajang Anugerah ASN 2019 Hoerudin.   JAKARTA - Ketahanan pangan merupakan hal strategis bagi Indonesia, sehingga upaya peningkatan produksi padi akan diikuti meningkatnya limbah penggilingan padi, diantaranya berupa sekam yang ketersediaannya mencapai 15 juta ton per tahun namun belum optimal pemanfaatannya. Pemanfaatan sekam sebagai bahan...

Melihat Lebih Dalam Pelayanan Tidak Biasa dari Grha Tiyasa

20191228 MPP Bogor 1 Mal Pelayanan Publik Kota Bogor, Grha Tiyasa.   BOGOR – Pelayanan publik yang modern dan dinamis terus dikembangkan Pemerintah Kota Bogor melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dinamakan Grha Tiyasa. Dengan memanfaatkan teknologi, Pemkot Bogor menjadi yang pertama memiliki aplikasi mobile MPP Kota Bogor. Tujuannya, tak lain adalah untuk mempermudah...

Peringatan Hari Ibu, Titik Awal Percepatan dan Pemberdayaan Perempuan

20191223 Upacara Hari Ibu ke 91 7 Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu ke-91 di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (23/12).   JAKARTA – Hari Ibu ke-91 yang jatuh pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai bentuk perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan yang dilandasi cita-cita dan...

MPP Pertama di Borneo, Diharapkan Bentuk ASN Modern

20191219 Peresmian MPP Samarinda 6 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat mengunjungi Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda usai diresmikan, Kamis (19/12).   SAMARINDA – Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di tanah Borneo telah diresmikan. Pelayanan publik yang semakin berkualitas diharapkan dapat diberikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui MPP Kota Samarinda ini....

Mal Pelayanan Publik Sumedang, Jembatan Antara Masyarakat dengan Pemerintah

20191227 MPP Sumedang 1 Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang   JAKARTA – Kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) di tengah masyarakat Kabupaten Sumedang tidak hanya berfungsi sebagai pusat layanan modern. Jauh lebih dalam, MPP menjadi simbol sebuah jembatan yang menghubungkan serta mendekatkan pemerintah dengan masyarakatnya. Hanya dalam satu gedung, masyarakat bisa mendapatkan segala jenis...

Belajar e-Government dari Negeri Singa

20191221 Kunjungan Kerja Singapura 1 Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini dan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa bersama Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya di Kantor Kedutaan Besar RI untuk Singapura beberapa waktu lalu.    SINGAPURA – Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi...

Didik Ismu, Lurah ‘Penerjang’ Terjalnya Jalan Demi Mudahkan Administrasi Warga

20191219 Didik Ismu 1 Peraih penghargaan kategori The Future Leader dalam ajang Anugerah ASN 2019 Didik Ismu   JAKARTA - Terjalnya jalan dan jarak tempuh yang terlampau jauh menyulitkan masyarakat Kelurahan Tombang Permai, Kabupaten Banggai, untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan. Kondisi tersebut menggerakkan Lurah Tombang Permai, Didik Ismu, untuk memudahkan warganya dalam mendapatkan administrasi kependudukan....

Tak Perlu Antre, Masyarakat Terlayani di Disdukcapil Kota Bandung

20191226 MPP Bandung 1Suasana pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung   BANDUNG – Aktifitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung tampak sibuk pada siang hari. Terlihat cukup dipadati warga mengurus beberapa dokumen kependudukan di sebelas loket yang tersedia dengan ruang informasi dan pengaduan. Namun demikian, masyarakat tidak...

MPP Jadi Kado Natal dan Tahun Baru Masyarakat Kebumen

20191220 MPP Kebumen 6Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa didampingi Bupati Kebumen Yazid Mahfudz saat melakukan soft launching MPP di Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (20/12).     KEBUMEN - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Pemerintah Kabupaten Kebumen mengadakan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP). Jika perayaan hari besar tersebut identik dengan bertukar...

SDM Berkualitas, Modal Bela Negara Masa Kini

20191219 Upacara Hari Bela Negara 5 Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke-71, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis (19/12).   JAKARTA - Hari Bela Negara ke-71 yang jatuh pada tanggal 19 Desember diperingati dengan upacara di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Sekretaris...

e-Panrita, Penerang Pendidikan Bagi Para Cendekia di Sulawesi Selatan

20191226 E Panrita 1 Peraih penghargaan kategori The Future Leader dalam ajang Anugerah ASN 2019 Anshar   JAKARTA - Panrita dalam masyarakat Bugis-Makassar memiliki arti ahli, pakar, atau cendekia. Tak hanya istilah, kata ini digunakan sebagai nama sebuah aplikasi daring pemantau proses pembelajaran di Sulawesi Selatan, yakni e-Panrita. Seiring perkembangannya, aplikasi ini memiliki fitur tambahan, yakni...

Mengenal Aldiwan, ASN Milenial yang Kembangkan Internet di Wilayah Terpencil

20191220 Aldiwan Haira Putra 1 Peraih penghargaan kategori The Future Leader dalam ajang Anugerah ASN 2019 Aldiwan Haira Putra   JAKARTA – Sudah 10 tahun Kabupaten Empat Lawang, Sumatra Selatan, berdiri menjadi daerah otonom. Namun, berbagai kendala masih banyak ditemukan. Salah satunya adalah tidak tersedianya akses internet dan jaringan komunikasi yang merata, terutama di komplek...

Refarming Frekuensi Seluler Untuk Internet Kecepatan Tinggi Hingga Pelosok Negeri

20191219 Aryo Pamoragung Peraih penghargaan kategori The Future Leader dalam ajang Anugerah ASN 2019 Aryo Pamoragung   JAKARTA – Besarnya beban biaya perluasan jaringan membuat operator seluler enggan bergerak membangun infrastruktur setara dari Sabang sampai Merauke. Hal ini mengakibatkan masyarakat di seluruh Indonesia belum merata dalam mendapatkan kemudahan untuk mengakses internet dan berkomunikasi....